Scientific Writing Clinics : Peningkatan Kompetensi Literasi Kepenulisan

Scientific Writing Clinics : Peningkatan Kompetensi Literasi Kepenulisan

Tangerang (Pendis) Kementerian Agama RI melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama menggelar Scientific Writing Clinics for International Publication tingkat MTs (Madrasah Tsnawiyah). Kegiatan ini terselenggara hasil kerja sama Kementerian Agama RI dengan World Bank sebagai bagian dari  program besar “Madrasah Education Quality Reform”, Hal ini diungkap Direktur KSKK Madrasah, Moh Isom saat menyampaikan apresiasinya pada kegiatan yang diselenggarakan di Serpong pada 28 hingga 30 September 2021.

Menurut  Isom, Scientific Writing Clinics for International Publication, peningkatan kompetensi  literasi kepenulisan merupakan salah satu ikhtiar pengembangan strategi peningkatan mutu madrasah melalui peningkatan mutu pembelajaran madrasah di Indonesia.

“Program ini diadakan untuk menjawab tantangan perkembangan dunia  pendidikan masa depan, madrasah harus semakinmaju dan semakin terbuka terhadap berbagai hal yang membawa kepada kemajuan,”ucapnya.

Lebih lanjut, Isom menambahkan termasuk dalam hal kemampuan dan literasi kepenulisan para guru madrasah juga  harus  dilatih agar  sesuai dan layak untuk publish di khalayak internasional, juga peningkatan kompetensi warga Madrasah dalam menyajikan hasil penelitian ke dalam suatu artikel ilmiah. Sehingga berbagai informasi terkait madrasah dapat dinikmati public Internasional. 

Scientific Writing Clinics for International Publication juga diharapkan dapat membuat  madrasah mampu bersaing di kancah Internasional dalam hal keilmuan dan mutu pembelajaran. Isom yakin, program ini akan membiasakan warga madrasah dengan ide-ide yang lebih mendunia dan selanjutnya mampu mengembangkannya secara lebih sistematis dengan beragam teori keilmuan yang ada di berbagai bidang keilmuan, dengan begitu madrasah dapat eksis dan berperan aktif di kancah Internasional, ujarnya. (Hikmah)


Tags: