SD 4 Wates Perpanjang Kerjasama dengan Sekolah Australia

SD 4 Wates Perpanjang Kerjasama dengan Sekolah Australia

REPUBLIKA.CO.ID, WATES -- Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Wates Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memperpanjang kerjasama dengan Mount Tarcoola Primary School Australia. Memorandum of Agreement (MoA) ditandatangani di Wates, Rabu (8/4). Kerjasama ini akan berlaku hingga 31 Desember 2017.

Kerjasama ini merupakan kelanjutan dari Program Bridge dari Kedubes Australia untuk membangun hubungan antara Indonesia dan Australia sejak tahun 2012. Kerjasama di bidang pendidikan melalui dialog, komunikasi, tukar menukar budaya, kerjasama bidang pendidikan, antar kedua sekolah. Untuk Kulonprogo yang mengikuti program ini adalah SDN 4 Wates, dan SMP 1 Galur.

Tiana Purba Barnard yang menjadi guru di Mount Tarcoola Primary School, Geraldton, Western Australia menyampaikan banyak sekali manfaatnya yang sudah dirasakan baik oleh guru maupun siswanya di Australia melalui kerjasama ini.

“Kami merasakan girangnya anak-anak, seperti dalam ruang sama padahal jarak ribuan kilometer,” kata Tiana yang menceritakan kejadian komunikasi antar anak-anak di Mount Tarcoola Primary School dan SD Negeri 4 Wates melalui media Skype dan Wikispace.

Dengan berkomunikasi langsung, kata Tiana, siswa di Mount Tarcoola Primary School juga lebih bersemangat untuk belajar Bahasa Indonesia dan mengenal budaya di Indonesia. Bahkan siswa di Australia semakin bersemangat menggali kebudayaan mereka sendiri, agar saat dialog dengan siswa di Indonesia dapat menjawab.

Staf Pengajar SD 4 Wates Teguh Riyanta menyampaikan banyak manfaat kerjasama ini, seperti mengadopsi inovasi-inovasi dari Mount Tarcoola Primary School, pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) untuk pembelajaran, anak-anak bisa berkomunikasi diantara kedua negara dengan IT sehingga saling mempererat hubungan, motivasi dan semangat mengajar guru Australia yang antusias, energik.


Tags: