Selamat! 45 Dosen IAIN Parepare Raih Kenaikan Jabatan Fungsional

Jumat, 17 Maret 2023 09:05 WIB
Pendis

penyerahan SK secara simbolis

Parepare (Pendis) - Bertepatan dengan Hari Kesadaran Nasional pada 17 Maret 2023, IAIN Parepare menyelenggarakan upacara penyerahan SK kenaikan jabatan fungsional dosen. Rektor IAIN Parepare, Dr. Hannani, M.Ag., menyerahkan 45 SK kenaikan pangkat jabatan fungsional dosen di IAIN Parepare.

Dari 45 SK tersebut, terdapat 13 dosen yang mendapatkan jabatan fungsional Lektor dan 32 orang lainnya adalah Asisten Ahli. Menurut Rektor, akselerasi kenaikan jabatan fungsional dosen di IAIN Parepare adalah strategi untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas tenaga pendidik. Kenaikan pangkat ini juga merupakan bagian dari akselerasi untuk memperkuat status akreditasi perguruan tinggi. Para  dosen yang menerima SK jabatan fungsional Asisten Ahli, mengungkapkan rasa semangat dan apresiasi atas penghargaan dan dukungan para pimpinan dan kepegawaian. ​​​​​​​

Saat ini, IAIN Parepare memiliki 225 dosen, termasuk 3 guru besar, 42 Lektor Kepala, 68 Lektor, 88 Asisten Ahli, dan 24 Tenaga Pengajar. Rektor mengapresiasi dosen yang meningkatkan kuantitas dan kualitas riset dan publikasi mereka untuk mencapai kenaikan jabatan fungsional. Capaian ini sejalan dengan banyaknya publikasi dosen yang telah meningkatkan peringkat IAIN Parepare di posisi ke-9 dari 59 PTKIN pada indeks Sinta Kemendikbud.

Kenaikan jabatan fungsional dosen berdampak positif pada peningkatan kapasitas akreditasi program studi. Oleh karena itu, diperlukan upaya dari setiap dosen untuk meningkatkan kinerja dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Salah satu upaya penting dalam menunjang kenaikan karir fungsional dosen adalah melaksanakan penelitian dan menyusun artikel ilmiah yang diterbitkan baik di jurnal nasional maupun internasional.

Jabatan fungsional dosen adalah pengakuan atas kompetensi, kinerja, integritas, dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas tridarmanya. Kenaikan jabatan fungsional merupakan bentuk penghargaan atas prestasi kerja yang dicapai oleh dosen yang memenuhi syarat sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Setiap dosen diharapkan menjadi profesional dan berintegritas sehingga penilaian angka kredit untuk pengajuan kenaikan jabatan harus dilakukan secara konsisten dan sesuai aturan untuk memenuhi standar akuntabilitas.

Peningkatan kuantitas dan kualitas karya ilmiah para dosen dapat dilihat dari meningkatnya jumlah jurnal nasional yang terindeks pada lembaga pengindeks basis data jurnal nasional terakreditasi internasional bereputasi. Ini merupakan indikasi yang baik tentang daya saing karya ilmiah para dosen di lingkungan perguruan tinggi.

Dalam kesempatan ini, Rektor juga memberikan apresiasi kepada bagian kepegawaian yang bekerja cepat dan optimal dalam menunjang kepangkatan dosen di lingkungan Parepare, serta dukungan dari anggota senat dan tim pemeriksa dupak dosen. Kenaikan jabatan fungsional dosen ini diharapkan dapat memacu semangat dan kinerja para dosen sebagai ASN Kemenag RIagar menunjang profesionalisme dan integritas sesuai visi IAIN Parepare yang moderat, inovatif dan unggul.

(Nur Aeni K - Humas IAIN Parepare)


Pendis

Tags:

PTKINKeren

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.