Sesditjen Berikan Trofi Kepada Pemenang Lomba Ceris & KIR

Sesditjen Berikan Trofi Kepada Pemenang Lomba Ceris & KIR

Bandung (Pendis) - Penyelenggaraan Lomba Cerita Remaja Islami (Ceris) dan Karya Ilmiah Remaja (KIR) telah berakhir. Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Imam Safe`i di hadapan 12 finalis Ceris & KIR, pendamping dan tamu undangan di Grand Pasundan Convention Hotel, Sabtu Kemarin (08/12).

Dalam sambutannya, Imam mengajak agar para finalis Ceris dan KIR untuk dapat mengembangkan potensi daerah melalui tulisan. "Kita tingkatkan potensi daerah melalui tulisan seperti novelis Andrea Hirata dengan karyanya Laskar Pelangi, kembangkan narasi cerita yang anda terlibat didalamnya sehingga bisa mendalami cerita yang ditulis," paparnya.

Imam juga berharap agar penyelenggaraan Ceris & KIR di tahun mendatang tidak hanya sekedar arena kompetisi melainkan dapat mengembangkan sumber daya manusia (SDM) lebih produktif. "Kita siapkan program untuk pengembangan SDM, untuk program KIR bisa kita hubungkan dengan LIPI agar bisa berkembang lebih besar sedangkan program Ceris kita rangkul beberapa penerbit dan para sutradara yang dapat mempublikasikan karya anak-anak kita," ujar pengasuh Pondok Pesantren Pendawa ini.

Direktur Pendidikan Agama Islam Rohmat Mulyana Sapdi menambahkan bahwa pelaksanaan lomba Ceris & KIR merupakan ajang tahunan yang diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK secara nasional. Dilaporkan bahwa lomba Ceris telah dilaksanakan sebanyak 12 kali sedangkan lomba KIR sudah ke-4 kalinya. Adapun jumlah peserta yang mengirimkan karyanya saat proses seleksi berasal dari 23 provinsi.

Lebih lanjut, Rohmat berharap agar lomba Ceris & KIR ini dapat mendorong siswa-siswi untuk berkarya sehingga dapat meningkatkan mutu Pendidikan Islam. "Kegiatan ini memberikan kesempatan siswa-siswi bersaing memperlihatkan karyanya, ini akan mendorong siswa-siswi lain untuk berkompetisi," ujar Rohmat

Pada kesempatan ini, Herry Zakaria selaku Kepala Seksi Pembinaan Keagamaan Siswa Subdit PAI pada SMA/SMALB/SMK mengumumkan hasil keputusan dewan juri pada kategori lomba Ceris & KIR sebagai berikut:

Daftar Pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR) PAI Siswa SMA/SMK Tahun 2018

Juara I: Khafidzh Salsabila Widya; SMA N 2 Jombang-Jawa Timur

Juara II: Nurul Azizah Dian Rahmawati; SMA N 3 Semarang-Jawa Tengah

Juara III: Dhita Syaqila Nurul Izmi; SMA N 4 Tebing Tinggi-Sumatera Utara

Harapan I: Naura Zalfa Addintama; SMA N 1 Gresik-Jawa Timur

Harapan II: Yandi Permana; SMA N 4 Lahat-Sumatera Selatan

Harapan III: Lale Ayu Ispiani Lestari; SMA N 1 Jonggat-Nusa Tenggara Barat

Daftar Pemenang Lomba Cerita Remaja Islami (Ceris) PAI Siswa SMA/SMK Tahun 2018

Juara I: I`ir Hikmatul Choiro; SMA N 1 Krembung-Jawa Timur

Juara II: Aldini Pratiwi; SMAN 2 Gowa Sulawesi Selatan

Juara III: Yamsyina Hawnan; SMA IT Insan Cendikia Payakumbuh-Sumatera Barat

Harapan I: Tasya Dea Amelia; SMA Nuris Jember-Jawa Timur

Harapan II: Arista Fitria Sabila; SMAN 2 Depok-Jawa Barat

Harapan III: Qomariah; SMAN Sumatera Selatan-Sumatera Selatan

Selamat kepada para juara dan terus berkarya. (miftah/dod)


Tags: