Gubernur dan Kakanwil Kemenag Jatim Buka Porseni MA

Gubernur dan Kakanwil Kemenag Jatim Buka Porseni MA

Bojonegoro(Pendis)--Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Husnul Maram membuka Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) MA (Madrasah Aliyah) Tingkat Provinsi Jawa Timur, Senin malam (20/11/2023) di Stadion Letjend H. Soedirman Bojonegoro.

Khofifah mengucapkan terimakasih kepada Kakanwil Kemenag Jatim dan seluruh Kakankemenag se-Jatim khususnya Kakankemenag Bojonegoro, juga PJ. Bupati Bojonegoro dan Sekretaris Daerah. Ia berpesan kepada kontingen untuk menjadikan ajang ini sebagai forum silaturahmi dan menjalin persaudaraan antar peserta se-Jawa Timur. "Tetap junjung sportifitas antar pemain dan wasit, jadikan ajang ini sebagai forum silaturahmi antar peserta Porseni MA se-Jawa Timur, semoga Porseni MA ini diberikan kesuksesan dan kelancaran," ujarnya.

Wanita energik ini memahami tugas guru yang saat ini sangat berat. "Beban guru saat ini tidak ringan, anak-anak berada dalam digital ekosistem," imbuhnya. 
Lebih lanjut Khofifah menegaskan supaya anak-anak tetap membangun cita-cita setinggi langit karena jika jatuh masih diantara bintang-bintang," lanjutnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Husnul Maram dalam laporan panitia menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh 3.258 peserta selama tiga hari. "Ada cabang bulu tangkis, catur, tennis meja, futsal, volly ball serta atletik, untuk cabang seni yaitu singer, kaligrafi, MTQ dan Cipta Baca Puisi," tukasnya.

Pria berpenampilan kalem ini menuturkan kegiatan Porseni ini bertujuan untuk menyediakan wadah pembinaan dan  prestasi bagi siswa-siswi Madrasah Aliyah se Provinsi Jawa Timur,  menumbuhkan semangat untuk berprestasi di kalangan peserta didik MA sehingga mampu mewujudkan madrasah yang mandiri berprestasi serta meningkatkan prestasi dalam ilmu agama. 

Acara dimulai pukul 20.30 WIB. Usai sambutan Gubernur ada pembacaan janji wasit dan atlit oleh petugas dan tampilan tari oleh Pengurus PD. IGRA Kabupaten Bojonegoro. Dilanjutkan devile peserta. Ikut memeriahkan dalam kegiatan ini Kasubag TU dan Kasi Pendidikan Madrasah seluruh Jawa Timur. Sebelumnya pada sore hari juga digelar Expo Porseni MA yang di buka oleh Kakanwil Kemenag Jatim di Go Fun Bojonegoro.

Sebagai informasi Kabupaten Tuban mengirimkan 82 orang kontingen Porseni MA. "Jumlah Kontingen  seluruhnya 82 orang terdiri dari 63 atlit dan 19 official serta pelatih," ujar Moh. Qosim, Plt. Kakankemenag Tuban secara terpisah. 

Ia berpesan kontingen harus banyak berdoa. "Bermainlah secara jujur, junjung tinggi keadilan karena sikap dan perbuatan ksatria itu tanpa pamrih," kata ia. Menurutnya sikap cerdas berwibawa harus dikedepankan. Ia berharap semoga dalam even ini Kabupaten Tuban membawa kemenangan dengan tertib dan bermartabat. (lai)