Dokumentasi pelaksanaan webinar

Dokumentasi pelaksanaan webinar

Jembrana (Jembrana) – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jembrana memfasilitasi penyelenggaraan webinar bertajuk "Trik Jitu Menulis Esai untuk Beasiswa”. Webinar ini merupakan proyek sosial yang sedang dijalankan oleh lima siswa-siswi terbaik MAN 1 Jembrana yang saat ini sedang mengikuti program persiapan Beasiswa Indonesia Maju (BIM) menuju Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD) yang merupakan program unggulan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Bekerjasama dengan Puspresnas, Kementerian Agama, dan Dinas Pendidikan Provinsi Bali kelima siswa kelas XII tersebut mampu memanajemen acara sangat baik. Webinar yang diselenggarakan secara online tersebut telah berlangsung pada hari Selasa, (15/11/2022) serta diikuti oleh ratusan peserta dari unsur pelajar SMA/SMK/MA sederajat seluruh Indonesia, guru, mahasiswa, dosen, akademisi, dan masyarakat umum. 

Kepala MAN 1 Jembrana, Agus Subagya, didampingi Waka Kurikulum, saat membuka webinar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Puspresnas dan Dinas Pendidikan Provinsi Bali telah memberi kesempatan kepada siswa-siswi MAN 1 Jembrana mengikuti program beasiswa BIM. 

Agur berharap, webinar yang diselenggarakan ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh pelajar Indonesia yang saat ini sedang berjuang mendapatkan beasiswa.

"Mewakili sivitas akademika MAN 1 Jembrana saya mengucapkan terima kasih kepada Puspresnas dan Dinas Pendidikan Provinsi Bali atas kerjasama menyukseskan proyek sosial yang dicanangkan oleh siswa kami,” ungkap Agus di Jembrana pada Selasa (16/11/2022).

Menurut Agus, kegiatan ini merupakan sebuah kebanggaan bagi MAN 1 Jembrana yang dipercaya menjadi bagian dari program unggulan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 

“Kami berharap, semoga webinar ini bermanfaat bagi adik-adik yang saat ini sedang berjuang mendapatkan beasiswa," ujarnya 

Kelima siswa MAN 1 Jembrana yang berkesempatan mengikuti program persiapan Beasiswa Indonesia Maju memiliki studi tujuan universitas ternama dunia. Kelima siswa tersebut adalah Mochammad Annas Firmansyah, Muhammad Ramzy Ramadhani, Devindra Ghiffary, Drajat Rendy Wibowo, dan Diva Ashya Zavira Andrijanto. 

Pemateri pada webinar ini adalah Dr. Nur Fitriana, M.Si. yang merupakan alumni MAN 1 Jembrana, penerima beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Bidang Biologi, dan Penulis Jurnal Internasional Berskala Scopus Q2. Sedangkan, moderator pada kegiatan ini adalah Khairul Yazid, S.Pd. yang merupakan guru Biologi MAN 1 Jembrana sekaligus Fasilitator Nasional di Bidang Riset.