Penyerahan penghargaan peraih nilai UKBI Adaptif Merdeka tertinggi se-Babel dengan predikat istimewa oleh Kepala Kantor Bahasa Babel.

Penyerahan penghargaan peraih nilai UKBI Adaptif Merdeka tertinggi se-Babel dengan predikat istimewa oleh Kepala Kantor Bahasa Babel.

Babel (Pendis)—Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Bangka Tengah (Bateng), Lubna Marwah Syahidah Anfaresi meraih nilai Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka tertinggi se-Bangka Belitung (Babel) tahun 2022 dengan predikat istimewa.

Hal itu disampaikan  Kepala Kantor Bahasa Babel, Muhammad Irsan dalam kegiatan kegiatan Sosialisasi dan penandatanganan komitmen bersama UKBI Adaptif Merdeka di Hotel Grand Vella (6/2).

Pada kegiatan yang dihadiri oleh Kepala SMP dan SMA/SMK/MA se-Bateng itu,  Muhammad Irsan  mengungkapkan rasa bangga terhadap salah seorang siswa MAN IC Bateng yang  meraih peringkat tertinggi se-Babel sekaligus satu-satunya peuji yang meraih predikat istimewa.

“Dari sekitar 100.000 peuji UKBI Adaptif Merdeka, ada 140 orang yang mendapatkan predikat istimewa, dan Lubna salah satunya. Selain itu, sepanjang UKBI dilaksanakan di Babel, baru 3 orang peraih predikat istimewa,” jelasnya.

Ia mengatakan, kegiatan sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka merupakan salah satu upaya untuk merealisasikan tiga program prioritas Badan Bahasa yaitu perlindungan bahasa dan sastra, literasi kebahasaan dan kesastraan, dan internasionalisasi Bahasa Indonesia.

“UKBI Adaptif Merdeka adalah tes untuk mengukur kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia yang desain ujinya disesuaikan dengan estimasi kemampuan peserta uji mulai dari kemahiran yang terendah hingga yang tertinggi,” katanya.

Ia menjelaskan, UKBI memiliki manfaat praktis yaitu mengukur kemahiran personal, menjaring SDM yang berkualitas dalam suatu lembaga, dan merupakan syarat mendaftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud.

“UKBI ini sangat penting dilakukan untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia yang nantinya juga dapat memetakan kemampuan berliterasi. Tahun ini, kita sudah mulai sejak Februari,” katanya sembari meminta semua kepala sekolah mendukung kegiatan tersebut.

Kepala MAN IC Bateng, Musran menyambut baik kegiatan UKBI Adaptif Merdeka yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Babel.

“Kegiatan  UKBI Adaptif Merdeka adalah salah satu yang mendapat dukungan penuh dari MAN IC Bateng. Tahun ini, kita akan menggalakkan para siswa mengikuti UKBI dan menyelenggarakannya secara serentak sesuai dengan komitmen bersama yang telah ditandatangani,” katanya.

Ia mengungkapkan, tahun 2021, beberapa siswa MAN IC Bateng termasuk Lubna telah meraih peringkat UKBI tertinggi se-Babel. Namun, kata dia, saat itu baru mencapai predikat sangat unggul.

“Siswa MAN IC sudah dua tahun berturut meraih peringkat UKBI Adaptif Merdeka tertinggi di Babel. Hal itu merupakan satu prestasi yang luar biasa bagi kami,” ungkapnya sembari berharap banyak siswa MAN IC Bateng yang akan meraih predikat istimewa.