SMA Negeri di Kota Malang Akan Terapkan UN "Online"

SMA Negeri di Kota Malang Akan Terapkan UN "Online"

Malang -(Suara Pembaruan) Seluruh SMA Negeri dan sejumlah SMA swasta di Kota Malang, Jawa Timur, tahun ini bakal menerapkan Ujian Nasional (UN) dengan sistem dalam jaringan (online).

"UN dengan sistem online ini akan menggunakan Computer Based Test (CBT) yang bisa menutup celah siswa untuk saling contek. Dalam UN online juga boleh menggunakan laptop, tidak harus menggunakan PC," tegas Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Negeri Kota Malang, Tri Suharno di Malang, Minggu (1/2).

Menurut dia, dari 10 SMA negeri yang ada di Kota Malang itu, hanya SMA Negeri 9 yang belum menyanggupinya. Sedangkan SMA swasta yang sudah menyatakan kesanggupannya untuk menggelar UN dengan sistem online adalah SMA St Albertus, SMA Waskita dan SMA Arjuno.

Ia mengakui sebelumnya SMA-SMA Negeri yang ada di Kota Malang banyak yang menolak menggunakan sistem online dalam pelaksanaan UN, namun setelah boleh menggunakan laptop dan tidak harus PC, akhirnya SMA yang sebelumnya tidak setuju akhirnya menerima dan menyanggupinya.

"Untuk menyelenggarakan UN online ini masing-masing sekolah dan siswa peserta UN harus benar-benar memperhatikan server dan kapasitas komputer agar tidak mengganggu proses UN, apalagi jika UN sudah berlangsung," tegasnya.

Selain SMA Negeri dan sejumlah SMA swasta yang menyatakan kesanggupannya menggelar UN online, seluruh SMK negeri dan swasta di daerah itu juga siap menggelar UN secara online. "Di Kota Malang ini ada 17 SMK Negeri dan belasan SMK swasta yang siap juga untuk menyelenggarakan UN secara online dan kami berharap tidak akan ada kendala apapun selama UN berlangsung, meski menggunakan sistem baru (online)," tegas Ketua MKKS SMK Negeri, Wadib Suudi.

Penulis: /YUD


Tags: