UIN Mahmud Yunus Batusangkar

UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Batusangkar (Pendis)-Mengawali tahun baru, Univeristas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar berhasil persembahkan dua program studi terakreditasi “Unggul”, dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Akreditasi Unggul itu diberikan kepada program studi S.1 Pendidikan Agama Islam (PAI) berdasarkan Surat Keputusan nomor: 64/SK/LAMDIK/Ak/S/I/2023 dan program studi  S.1 Pendidikan Bahasa Arab (PBA) berdasarkan surat keputusan nomor: 43/SK/LAMDIK/Ak/S/I/2023 tertanggal 04 Januari 2023.

“Alhamdulillah, mengawali tahun baru anggaran di UIN Mahmud Yunus Batsangkar kita mendapat kado istimewa, dua program studi kita terakreditasi Unggul yang sebelumnnya Terakeditasi “A” dari BAN-PT. Ini sebuah pencapaian yang luar biasa," ujar rektor UIN MY Batusangkar, Prof. Marjoni Imamora, di Gedung Rektorat, rabu (04/01/2023).

Terima kasih kepada dekan FTIK beserta jajaran, ketua program studi PAI & PBA, LPM, GPM, Stakeholder, Alumni, Mahasiswa dan terima kasih kepada warga kampus atas Support dan do'anya, “ucap prof bidang fisika ini.

Ini juga tidak terlepas dari peran para dosen dan asesor internal selama ini aktif memberikan support dan dokumentasi yang kita butuhkan betul-betul direspon secara positif, perolehan Akreditasi Unggul ini adalah awal untuk semakin semangat dalam mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya PTKIN, “tegas pria kelahiran padang pariaman”.

“Tentu ini bukan menjadi tujuan akhir, namun menjadi pijakan/mutivasi bagi kami untuk mengembangkan dunia pendidikan dalam mencerdaskan genarasi bangsa, hal ini karena didasari prinsip bahwa kita harus terus berkembang dan berinovasi,” jelasnya.

Saat ini kita di UIN Mahmud Yunus Batusangkar sudah menggantongi delapan  Terakreditasi “Unggul/A” dari LAMDIK dan BAN-PT, yakni program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Tadris/Pendidikan Bahasa Inggris (TBI), Tadris/Pendidikan Fisika (TFIS), Manajemen  Pendidikan Islam (MPI) pada Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, “sambung marjoni”

Sedangkan pada Fakultas Syariah, yakni program studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) dan Hukum Keluarga Islam/Ahwal Syakhshiyyah (AS), dan Fakultas Ekomoni dan Bisnis Islam (FEBI) yakni program studi Perbankan Syariah.

Insyaallah tahun 2023 ini kita di UIN Mahmud Yunus Batusangkar menargetkan menjadi dua puluh program studi yang terakreditasi Unggul, yang akan tersebar disemua fakultas, dan berkomitmen untuk secara berkelanjutan meningkatkan penjaminan mutu pelayanan pendidikan, sehingga kita tetap menjaga semangat dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi," tutup Prof.(dn/hm)