Sukses Gemilang KSM Tingkat Provinsi: Tingkat Partisipasi Peserta Capai  98.28%

Sukses Gemilang KSM Tingkat Provinsi: Tingkat Partisipasi Peserta Capai 98.28%

Jakarta (Pendis) - Hari terakhir pelaksanaan Kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Tahun 2023 telah tiba, dengan para peserta dari jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) memperebutkan prestasi gemilang pada Minggu, 06 Agustus 2023. Jumlah peserta MI mencapai 4.622 dan jumlah peserta MTs mencapai 6.935.

Pada hari kedua kompetisi, fokus diarahkan kepada jenjang MI dan MTs, yang menguji kemampuan para peserta dalam berbagai mata pelajaran yang diujikan. Sesi pertama untuk jenjang MI berlangsung pada pukul 07.30-09.00 WIB, di mana peserta diuji dalam mata pelajaran Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi. Sementara itu, sesi kedua untuk jenjang MTs berlangsung pada pukul 09.30-11.30 WIB, melibatkan ujian pada mata pelajaran Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi. Tak hanya itu, sesi ketiga bagi jenjang MTs berlangsung dari pukul 12.00-14.00 WIB, di mana peserta diuji dalam mata pelajaran IPS Terintegrasi.

Rincian tingkat partisipasi peserta pada hari kedua memberikan gambaran betapa tingginya minat peserta dalam mengikuti kompetisi ini. Antusiasme peserta semakin terasa seiring dengan tingkat partisipasi yang tinggi di atas 95%. Pada sesi pertama MI, tingkat partisipasi mencapai 98,36% untuk Matematika Terintegrasi dan 98,62% untuk IPA Terintegrasi. Sementara itu, pada sesi kedua MTs, tingkat partisipasi mencapai 98.27 % untuk Matematika Terintegrasi, 98.53% untuk IPA Terintegrasi dan 98.06% untuk IPS Terintegrasi.

Dibandingkan dengan tingkat partisipasi sebesar 98,21% pada hari pertama, tingkat partisipasi pada hari kedua sedikit lebih tinggi, mencapai 98,28%. Ini menunjukkan semangat dan keterlibatan peserta yang konsisten dalam menghadapi tantangan kompetisi serta keseriusan mereka dalam mengukir prestasi gemilang di ajang KSM Provinsi 2023.

Kasubdit Kesiswaan KSKK Madrasah, Imam Buchori, menyampaikan harapannya terhadap peserta yang berhasil melaju ke babak nasional di Kendari yang akan diselenggarakan pada hari Minggu-Kamis, tanggal 3-7 September 2023. Ia berharap agar peserta yang lolos dapat tetap mempertahankan semangat dan konsistensi dalam mempersiapkan diri menjelang babak nasional. Ia berharap semoga peserta mampu mengukir prestasi gemilang tidak hanya bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi madrasah dan daerah asalnya.