Tahun Depan, Ceris dan KIR akan dilombakan Bersamaan Even Pentas PAI

Tahun Depan, Ceris dan KIR akan dilombakan Bersamaan Even Pentas PAI

Bandung (Pendis) - Sebanyak 6 orang juara Lomba Penulisan Cerita Remaja Islami (Ceris) dan 6 orang juara Lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR) Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa SMA/SMK Tahun 2018 telah dihasilkan. Tahap final lomba diselenggarakan dalam bentuk presentasi finalis yang dilaksanakan pada tanggal 7 s.d 9 Desember 2018, bertempat di Hotel Grand Pasundan, Bandung - Jawa Barat.

Kasubdit PAI pada SMA/SMALB dan SMK, Unang Rahmat dalam laporannya menyatakan, bahwa kemungkinan tahun depan kegiatan Lomba Penulisan Ceris dan KIR PAI akan dilangsungkan bersamaan dengan even Pekan Keterampilan dan Seni (Pentas) PAI, yang juga menjadi salah satu program rutin unggulan Direktorat PAI, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

"Harapan kami dengan disatukan penyelenggaraannya dengan Pentas PAI, maka setiap provinsi akan lebih tertantang untuk mengirimkan utusan. Saat ini keikutsertaan peserta belum merata 34 provinsi, bahkan beberapa tahun lalu kami amati ada sekolah-sekolah tertentu, SMA dan SMK tertentu yang pembinaannya sudah jalan sehingga para peserta banyak diikuti dari daerah-daerah tertentu saja. Untuk tahun ini, berdasarkan informasi panitia, daerah asal peserta sudah mencapai 23 provinsi," terang Unang (7/12/2018).

Unang Rahmat menambahkan, bahwa dilekatkannya Lomba Penulisan Ceris dan KIR PAI bersamaan dengan kegiatan Pentas PAI diharapkan mampu membuat gaung kegiatan Lomba Ceris dan KIR PAI semakin besar. Baik Lomba Penulisan Ceris dan KIR PAI serta Pentas PAI merupakan program unggulan Direktorat PAI, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama yang dilaksanakan secara rutin. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah bagian dari program pembinaan kesiswaan yang diwujudkan dalam bentuk ajang kompetisi.

Berikut daftar pemenang Lomba Penulisan Ceris dan KIR PAI Tahun 2018:

1. Lomba Ceris

Juara I
I`ir Hikmatul Choiro, dari SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo, Jawa Timur. Judul Ceris: "Mencari Ranting yang Hilang".

Juara II
Aldini Pratiwi, dari SMA Negeri 2 Gowa, Sulawesi Selatan. Judul Ceris: "Surat-Surat yang Berterbangan di Langit Daeng".

Juara III
Yamsyina Hawnan, dari SMA-IT Insan Cendikia Payakumbuh, Sumatera Barat. Judul Ceris: "Metamorfosa".

Juara Harapan I
Tasya Dea Amelia, dari SMA Nuris, Jember, Jawa Timur. Judul Ceris: "Geumaseeh Papa, Setia Matee".

Juara Harapan II
Arista Fitria Sabila, dari SMA Negeri 2 Depok, Jawa Barat. Judul Ceris: "Tabur Bintang".

Juara Harapan III
Qomariah, dari SMA Negeri Sumatera Selatan, Sumatera Selatan. Judul Ceris: "Akromatopsia: Pancarona di Negeri Pancasila".

2. Lomba KIR PAI

Juara I
Khafizh Salsabila Widya, dari SMA Negeri 2 Jombang, Jawa Timur. Judul KIR: "Sekolah Damai: Studi Model Pendidikan Agama Islam Wasathiyah sebagai Upaya Menangkal Radikalisme di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jombang".

Juara II
Nurul Azizah Dian Rahmawati, dari SMA Negeri 3 Semarang, Jawa Tengah. Judul KIR: "Guyub Rukun dalam Keberagaman Agama Wujudkan Kebersamaan Membangun Ekowisata".

Juara III
Dhita Syaqila Nurul Izhmi, dari SMA Negeri 4 Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Judul KIR: "Penyesuaian Diri Mualaf Terhadap Nilai Keagamaan dan Perbedaan Agama di Dalam Keluarga".

Juara Harapan I
Naura Zalfa Addintama, dari SMA Negeri 1 Gresik, Jawa Timur. Judul KIR: "Ucigama: Ular Tangga Cinta Keberagaman Beragama sebagai Media Pembelajaran tentang Keberagaman Beragama di Indonesia pada Anak Usia Dini Berbasis Permainan".

Juara Harapan II
Yandi Permana, dari SMA Negeri 4 Lahat, Sumatera Selatan. Judul KIR: "Peran Kearifan Lokal dalam Mencegah Terbentuknya Masyarakat Apatis: Studi Kasus Tradisi Pantauan Kematian di Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat dalam Mewujudkan Masyarakat Multikultural".

Juara Harapan III
Lale Ayu Ispiani Lestari, dari SMA Negeri 1 Jonggat, Nusa Tenggara Barat. Judul KIR: "Relevansi Makna Terjemahan Lirik Lagu Deen Assalam (Versi Grup Musik Sabyan Gambus) dengan Wajah Keberagaman Indonesia".

Rangkaian kegiatan Presentasi Finalis Lomba Ceris dan KIR PAI Tahun 2018 ditutup oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Imam Safe`i, sekaligus menyerahkan tropi kepada para pemenang. (apri/dod)


Tags: