Wamenag didampingin Direktur Diktis dan Rektor UIN Raden Fatah saat penutupan PWN PTK XV Semalam di Palembang

Wamenag didampingin Direktur Diktis dan Rektor UIN Raden Fatah saat penutupan PWN PTK XV Semalam di Palembang

Palembang (Pendis)—Kementerian Agama memastikan hingga penutupan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) XV yang berlangsung di Palembang tidak ada laporan adanya kasus positif coronavirus 19 (Covid-19). Panitia juga memberikan fasilitas gratis kepada seluruh kontingen dan panitia untuk melakukan swab yang berada dilokasi perkemahan.

Hal itu dikatakan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Suyitno menyampaikan dalam laporannya penutupan PWN-PTK XV  Tahun 2021, sebelum Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi menutup secara resmi ajang perkemahan yang ikuti oleh seluruh mahasiswa UIN, IAIN dan  STAIN seluruh Indonesia.

Pramuka kali ini,  menurut Direktur Diktis, memiliki kelebihan dibanding dengan PWN sebelumnya karena PWN kali ini dilakukan pada masa Pandemi, dengan prokes yang ketat dilakukan swab kepada peserta kontingen tiga kali selama kegiatan ini berlangsung,  juga pemecahan rekor MURI dalam bidang pantun moderasi beragama dan Pramuka menjadi Pionir Pembinaan Karakter Bangsa.

Selama perkemahan berlangung, lanjut Suyitno, bahwa panitia sudah berupaya sangat maksimal dalam hal mengantisipasi penyebaran virus korona. Hal tersebut dibuktikan dengan memberikan kemudahan akses dalam pendaftaran yang terjadwal sejak kedatangan hingga penutupan acara dengan cara pendaftaran secara online yang disediakan oleh penyelenggara.

750

Hal demikian juga dipertegas Kepala Sub Direktorat Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan H Sidik Sisdiyanto, bahwa dalam rangka penerapan protokol kesehatan pada kegiatan PWN PTK XV Tahun 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 9-14 Nov 2021 Panitia pelaksana mengadakan swab antigen dan PCR bagi seluruh Kontingen yang dijadwalkan pada tanggal 8 dan 9 November 2021 untuk swab antigen per hari kedatangan, tanggal 11 November 2021 swab antigen, “dan terakhir tanggal 13 Nov 2021 untuk swab antigen atau PCR untuk kepulangan atau jelang penutupan kemarin,” kata Sidik Ahad (14/11).

Sedangkan menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Padangsidimpuan yang juga sebagai ketua Forum Wakil Rektor III Sumper Mulia Harahap menyampaikan bahwa Kesuksesan PWN-PTK XV  ini adalah keberhasilan bersama PTK se Indonesia. "Alhamdulillah perhelatan Akbar Perkemahan PWN-PTK ke 15 di Jakabaring Sport City Palembang ini sudah selesai hal ini menunjukkan bahwa kita mampu dan penuh komitmen dalam menjalankan rangkaian acara dengan melibatkan banyak peserta," kata Sumper

“Secara substantif, pramuka telah menjelma menjadi pionir dalam memberikan contoh betapa insan-insan pramuka memiliki jiwa yang kuat, kokoh dan bersahaja. Mampu melakukan pengabdian masyarakat di tengah-tengah pandemi covid-19, kuat dan kokoh dalam menjalankan semua janji-janji yang telah dibacakan sebagai seorang pramuka yang memiliki jiwa sejati,” pungkasnya lagi.