Penyambutan Tiga Mahasiswa Asing Asal Kamboja Oleh Pimpinan UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Penyambutan Tiga Mahasiswa Asing Asal Kamboja Oleh Pimpinan UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Batusangkar (Pendis)  – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc dan jajaran sambut kedatangan tiga mahasiswa baru Internasional asal negara Komboja tahun akademik 2023/2024. Selasa 10/10/2023.

“Tiga mahasiswa internasional asal Kamboja ini adalah kedatangan tahap pertama yang akan mengikuti perkulihan tahun akademik 2023/2024 di UIN Mahmud Yunus Batusangkar.”

Sementara tahan kedua, direncanakan akan datang mahasiswa internasional asal Thailand pada hari sabtu, 14/10/2023.

Ketiga mahasiswa internasional asal Kamboja yakni Safein Prohim, Oempoeut Sos dan Romly Sos, mereka berasal dari phnom penh Kamboja, sebelumnya mereka menamatkan ma'had An-Nikmah Al-islamiyah.

Mereka akan bergabung mengikuti perkuliahn pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Prof. Marjoni dan seluruh unsur pimpinan menyampaikan ucapan selamat datang dan menyambut hangat kedatangan tiga mahasiswa asal Kamboja yang akan menimba ilmu di “Kampus Sains Islam Refleksi Surau Minangkabau”

Lebih lanjut Prof. Marjoni mengatakan ini merupakan hasil tindaklanjut MoU di beberapa sekolah di negara-negera Asia Tenggara, bergabungnya mahasiswa luar negeri ke UIN Mahmud Yunus Batusangkar, menjadi visi kita untuk menjadi kampus yang Bereputasi Global.

“Kita siap menfasilitasi mahasiswa luar negeri, seperti tempat tinggal, pembekalan bahasa dan lain-lain,” sambungnya.

Berharap kepada mahasiswa asing  yang baru datang agar bisa beradaptasi dengan lingkungan baru dan belajar Bahasa Indonesia, terutama pada seniornya yang terlebih dahulu menuntut ilmu di UIN Mahmud Yunus Batusangkar. “tegasnya”

Sebelum ini sudah banyak mahasiswa asing dari berbagai negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, Kamboja dan mahasiswa asal Palestina, bahkan sudah 10 orang mahasiswa asing yang menamatkan studinya di UIN Mahmud Yunus Batusangkar. ”pungkas Rektor”(doni)