Tim Komunitas Pencinta Alam Kopassas IAIN SAS Babel Kembali Raih Juara Lomba Lintas Alam Mahacita Polman

Tim Komunitas Pencinta Alam Kopassas IAIN SAS Babel Kembali Raih Juara Lomba Lintas Alam Mahacita Polman

Bangka (Pendis)--Tim Komunitas Pencinta Alam-Sosial Syaikh Abdurrahman Siddik (KOPASSAS) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik  Bangka Belitung berhasil mendulang prestasi sebagai juara Lomba Lintas Alam (LLA) tingkat Nasional edisi ke-14 di tahun 2023. diselenggarakan oleh Mahasiswa Manufaktur Pencinta Alam (MAHACITA) Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel). 

Kegiatan LLA ini diadakan di Pantai Tikus Sungailiat Bangka KOPASSAS IAIN SAS Babel mengirimkan 3 regu yang berjumlah 2 regu putri dan 1 regu putra. yang berlangsung pada tanggal 21 Mei 2023. Peserta kali ini berjumlah 88 tim dari perwakilan siswa SMA, pramuka, Komunitas Pencinta Alam, dan Organisasi Umum. 

Ketua KOPASSAS Ridho Azhari  Alhamdulilah Juara 3 kategori Putri KOPASSAS dan Juara harapan 3 membawa Piala dan Uang pembinaan dan Setelah LLA tahun kemarin diadakan dan membawakan piala, tahun ini tetap bertahan dengan prestasi yang tidak kalah membanggakan.

Ia mengatakan Sungguh kepuasan tersendiri bagi keluarga besar KOPASSAS karena bisa membawa pulang kemenangan. Selain kemenangan tidak lupa juga sangat-sangat banyak pengalaman yang telah didapatkan serta kerabat baru yang dikenal tentunya. Jadi jangan jadikan kemenangan sebagai bentuk kesombongan jadikanlah sebuah pembelajaran serta kenangan yang tidak akan dilupakan.

Adapun kendala yang dihadapi saat perlombaan berlangsung yaitu kendala cuaca panas. Seperti yang kita ketahui, cuaca panas akhir-akhir ini sangat ekstrim sekali. Hal ini membuat para peserta menjadi cepat haus dan harus memanajemen air agar cukup sampai finish.ungkap Novi Safitri 

Novi Safitri salah satu peserta  tim mengatakan jalur yang ditempuh pun bisa menjadi kendala bagi para peserta. Jalur yang banyak bebatuan bisa berisiko bagi peserta yang tidak berhati-hati. Meskipun banyak kendala yang dihadapi, tim dari KOPASSAS tidak luntur semangatnya dan terus bekerja sama serta saling support sampai finish.
"Semoga LLA ini kedepannya terus diselenggarakan, agar bisa meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap keadaan lingkungan sekitar, terutama masalah sampah yang banyak ditemui di tepian pantai." Ucap Novi

Pembina Kopasas IAIN SAS Bangka Belitung Wahyudi, S.Pd.I., M.A  mengungkapkan, bahwa keberhasilan dari teman-teman Kopassas merupakan hasil dari kerja keras dan jerih payah mereka dalam upaya menjadi yang terbaik, harapannya semoga kedepannya nanti prestasi-prestasi membanggakan seperti ini berhasil diraih kembali, sehingga menjadi kebanggan dan pengalaman yang sangat berharga untuk teman-teman mahasiswa, ungkapnya (Ayaknan)