Tim Riset MAN 1 Darussalam Ciamis Raih Medali Perunggu Lomba Penelitian Karya Ilmiah Level Internasional

Tim Riset MAN 1 Darussalam Ciamis Raih Medali Perunggu Lomba Penelitian Karya Ilmiah Level Internasional

(Pendis) - Tim Riset MAN 1 Darussalam Ciamis meraih medali perunggu lomba penelitian karya ilmiah dalam ajang Youth International Science Fair (YISF) 2024 yang merupakan ajang lomba riset internasional yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) Buca Municipality Kizilçullu Science and Art Centar, BUCA IMSEF (International Music, Science, Energy and Engineering Fair) dan Fakultas Teknik UNDIP.

YISF sendiri merupakan lembaga yang sering menyelenggarakan lomba internasional dalam bidang karya tulis ilmiah dan tahun ini diikuti oleh 482 Tim dari 16 negara di Dunia.

Tim Riset MAN 1 Darussalam Ciamis yang beranggotakan 5 orang diantaranya yaitu:
1. Rifki Hilman Fauzi (XII IPS 1)
2. Nabgea Betanata Deje (XII MIPA 6)
3. Nurul Izzati Aufa( XII MIPA 2)
4. Azizah Nur Halimah (XI IPS 1)
5. Siti Alfiyah Nurrahma (XI MIPA 3)

Karya Ilmiah tersebut berjudul "Cara Pembuatan Sale Ikan Gabus untuk Mengobati Luka Sayatan dari Alat - Alat Tradisional".

Sebelum keluar sebagai peraih perunggu, tim riset MAN 1 Darussalam Ciamis sudah melalui dua tahapan yaitu; tahap penilaian proposal dan dilanjutkan ke tahap presentasi dan wawancara secara daring.

“Inti dalam penelitian ini lebih menekankan kepada ekosistem mengenai ikan itu sendiri yaitu ikan gabus, pada umumnya masyarakat menganggap ikan ini adalah predator, kami berharap hasil penelitian ini dapat memberikan pandangan berbeda bagi masyarakat bahwa ikan ini bisa dikembangbiakan dengan memaksimalkan kelebihannya daripada ikan lain dan juga bernilai jual tinggi" pungkas Rifki.

Keberhasilan yang diraih Tim Riset ini tentu tidak terlepas dari peran pembimbingnya yaitu Dr Jamiludin Hidayat, SPd, MPd. Ia berharap prestasi tim riset MAN Darussalam Ciamis terus meningkat.

"Saya mengucapkan selamat dan Sukses atas pencapaian peserta didik dan juga pembimbingnya yang telah mengarumkan nama MAN Darussalam Ciamis, ajang lomba ini tentu tidak mudah dikarenakan level Internasional dan harus bersaing dengan ratusan peserta dari berbagai negara, saya berharap mudah - mudahan semangat riset di MAN Darussalam Ciamis terus semakin meningkat" ujar Kepala MAN 1 Ciamis, Idan Nurdiana.