Tingkat Kemampuan Bahasa Inggris Warga Indonesia Berada di Level Menengah

Tingkat Kemampuan Bahasa Inggris Warga Indonesia Berada di Level Menengah

Jakarta - (Suara Pembaruan) Kepala Education First (EF) English Proficiency Index (EPI), Christhoper McCormick mengungkapkan, saat ini Indonesia menempati peringkat ke-28, dari 63 negara dalam tingkat kemampuan Bahasa Inggris. Hal tersebut tercatat berdasarkan hasil penelitian terbaru English proviciency index (EPI), yang dilakukan oleh EF, berdasarkan kemampuan Bahasa Inggris orang dewasa.

Indonesia berada pada kategori kemampuan menengah, dengan skor 52,74. Sementara untuk kemampuan sangat tinggi di dominasi oleh negara-negara Eropa, seperti Denmark, Belanda, dan Swedia, dengan capaian skor 69,30. Untuk tingkat Asia, Indonesia berada di urutan keenam dari 14 negara, dengan diominasi oleh perempuan.

"Indonesia, untuk bahasa Inggris lebih didominasi oleh perempuan dan anak muda 25 tahun ke atas." kata Christopher, pada acara pembukaan English Proficiency Index di Hotel Grand Hayat, Jakarta, Kamis (29/1) malam..

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Prof Mansun mengatakan, meskipun bahasa Inggris menjadi bahasa internasional, tetapi bahasa nasional tak boleh dilupakan. Hal ini demi menghindari kejadian seperti di Malaysia dan Singapura, yang dinilainya telah kehilangan identitas akibat bahasa.

Mahsun yakin, seseorang tetap akan mampu bersaing bila memiliki identitas dan kemampuan, salah satunya kemampuan bahasa.Tidak semata-mata memasuki ekonomi masyarakat Asean ( MEA), maka penggunaann bahasa asing lebih utama.

"Semoga kita tetap mengunakan bahasa nasional kita sebagai pemersatu, dengan menerapkan pola pembelajaran yang tepat, efektif, dan efisien, agar kemampuan kita tetap ada untuk mempertahankan bahasa nasional," kata Mahsun.

Penulis: Maria Fatima Bona/FAB


Tags: