Tingkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam dengan Lomba Karya Ilmiah Remaja PAI

Tingkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam dengan Lomba Karya Ilmiah Remaja PAI

Jakarta (Pendis) - Sudah menjadi agenda tahunan, pada tahun 2017 ini Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) kembali mengadakan Lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR) Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) / Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). "Di samping meningkatkan mutu pendidikan Agama Islam, lomba KIR untuk siswa SMA/SMK yang digelar setiap tahun dimaksudkan sebagai wahana aktualisasi siswa dalam mengembangkan minta dan bakat dibidang penelitian yang bernafaskan pendidikan Agama Islam," ungkap Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Sesditen Pendis), Moh. Isom Yusqi, mengenai Lomba KIR yang digawangi oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam (Dit. PAI), Selasa (07/11).

Dengan tema "Merawat Keberagamaan", Lomba KIR ini menurut Sesditjen Pendidikan Islam, bertujuan meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan terhadap nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari serta mempererat ukhuwwah Islamiyah, membina persaudaraan, dan kesatuan bangsa di kalangan siswa. "Lomba KIR juga menjadi tolok ukur keberhasilan pembelajaran PAI di sekolah yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik," kata guru besar IAIN Ternate ini.

Menurut catatan panitia, ketentuan lomba KIR, panjang tulisan 30 (tiga puluh) halaman, ditulis dalam kertas HVS A4 1,5 spasi, font Times New Roman 12, margin 3-2-2-2. Untuk tema KIR adalah "Generasi Islam yang Ramah", sedangkan Ceris yaitu "Indahnya Keberagaman". Kemudian karya dikirim ke "Sub Direktorat PAI SMA, Direktorat PAI Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Jalan Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta Pusat 10710". Untuk Lomba KIR tertuju ke : Panitia Lomba Penulisan Karya Ilmiah Remaja (KIR) Pendidikan Agama Islam Siswa SMA/SMK Tahun 2017. Sedangkan untuk Ceris ke Panitia Lomba Penulisan Cerita Remaja Islam (Ceris) Siswa SMA/SMK Tahun 2017.

Naskah lomba KIR yang harus dikirim ke panita harus dikirim ke panitia paling lambat 27 November 2017, meliputi 2 (dua) hal; hard copy dan soft file. Hard copy atau print out dikirim ke "Direktur Jenderal Pendidikan Islam cq. Panitia Lomba Penulisan Karya Ilmiah Remaja (KIR) Pendidikan Agama Islam Siswa SMA/SMK Tahun 2017, Sub Direktorat PAI pada SMA Direktorat PAI Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Lantai 6, Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3-4 Jakarta Pusat 10710". Sedangkan soft file dikirim ke kompetisipai@gmail.com.

Lomba yang tidak dipungut biaya alias gratis ini, bagi para pemenangnya akan mendapatkan hadiah. Juara I mendapatkan uang tunai 17,5juta, Juara II : 15,5juta dan Juara III sebesar 13,5juta. Sedangkan untuk Juara Harapan, Harapan I senilai : 11,5juta, Juara Harapan II 9,5juta, dan Juara Harapan III sebesar 7,5juta. (@viva_tnu/dod)


Tags: