Tracer Study 2023: Kontribusi Alumni UIN Ar-Raniry dalam Pembinaan Masyarakat

Pendis
Nazarullah Kontributor
Sabtu, 11 Maret 2023 10:36 WIB
Pendis

Warek III UIN Ar-Raniry, Prof Saifullah bersilaturrahim dengan Rektor IAIN Lhokseumawe, Dr Danial saat melakukan Tracer Study UIN Ar-Raniry tahun 2023

Lhokseumawe (Pendis) – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melakukan Tracer Study dalam rangka melakukan pembinaan alumni dalam pengabdian kepada masyarakat, serta mengetahui situasi para alumni yang telah bekerja pada berbagai instansi atau lembaga, baik pemerintah maupun swasta. Kegiatan tersebut dilakukan tim UIN Ar-Raniry ke seluruh wilayah di Aceh yang berlangsung pada Maret 2023 ini.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Ar-Raniry, Prof Dr Saifullah Idris, MAg disela pertemuan dengan Rektor IAIN Lhokseumawe, Dr Danial, MAg di Ruang Kerja Rektor, Lhokseumawe, Jumat (10/3/2023) mengatakan, Tracer Study ini dilakukan untuk melihat langsung kondisi para alumni UIN Ar-Raniry yang telah kembali dan mengabdi kepada masyarakat dengan berbagai latar belakang pekerjaan masing-masing.

“Kahadiran tim dari UIN Ar-Raniry untuk melihat langsung kondisi para alumni yang telah bekerja baik pada instansi lokal, nasional maupun internasional, sasaran yang dituju antara lain pada lembaga pemerintah, BUMN, lembaga swasta, LSM dan lain-lain,” ujarnya.

Dikatakan, sebelumnya bagian Alumni UIN Ar-Raniry telah menyebarkan angket pengisian data alumni melalui googleform kepada para alumni, berdasarkan data tersebut tim melakukan survey langsung ke lapangan.

Prof Saifullah menjelaskan, dalam melakukan Tracer Study tersebut ada beberapa aspek sasaran yang didata pada alumni sesuai dengan ketentuan pada pelaporan standar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), antara lain etika dan moral, keahlian pada bidang ilmu, kesesuaian bidang studi, kemampuan penggunaan teknologi informasi dan berbahasa asing, kemampuan berkomunikasi, prestasi akademik, kerja sama tim dan pengembangan diri.

“Tracer Study ini sangat banyak manfaat, selain sebagai alat monitoring Ditjen DIKTI terhadap lulusan Perguruan Tinggi ketika memasuki dinia kerja, juga bermanfaat bagi alumni sendiri, antara lain alumni dapat memantau informasi kampus, juga dapat membantu sesama almamater dalam memberikan informasi kesempatan dan lowongan pekerjaan,” ujarnya.

Ditambahkan, selain itu manfaat bagi kampus atau almamater antara lain kampus dapat mengetahui daya serap lulusan, kebutuhan sesuai dengan bidang disiplin ilmu, serta sebagai bahan evaluasi terhadap kurikulum dan program studi yang ada pada UIN Ar-Raniry saat ini. Juga diharapkan bermanfaat bagi lembaga tempat alumni bekerja.

Ditempat terpisah Kepala Biro Administrasi Akademik, Kelembagaan dan Kerja Sama, Mirwan Fasta, MSi mengatakan tim yang terbentuk di bawah koordinasi Bagian Alumni UIN Ar-Raniry melakukan tracer study ke seluruh wilayah Aceh, yang disasar adalah stakeholder sebagai pengguna alumni UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“Kita bergerak bersama untuk melakukan survey dalam rangka memperoleh data, informasi, dan keberadaan para alumni di berbagai instansi,” ujarnya saat di Meurudu, Kamis (9/3/2023).

Dari data tersebut nantinya pimpinan dapat melakukan pembinaan kepada alumni secara professional dalam dunia pekerjaan masing-masing di masa mendatang, serta dapat meberikan kontribusi yang berarti dan berdaya saing dalam membangun masyarakat.


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.