Turki jadi Negara Tujuan Studi

Turki jadi Negara Tujuan Studi

JAKARTA (KRjogja.com) - Kalau punya kesempatan kuliah ke luar negeri, negara apa yang akan kamu pilih? Kenapa enggak Turki? Iya, Turki. Mau tau alasannya?

Pertama, karena pendidikan di Turki sedang berkembang pesat. Menurut Arya Shandiyuda, mahasiswa Indonesia yang kuliah di Fatih University, Istanbul, Turki, mutu pendidikan di Turki enggak kalah bila dibandingkan dengan negara Eropa lainnya.

"Kompetensi pendidikan di Turki sangat merata jika dibandingkan dengan negara di Timur Tengah yang unggul dengan jurusan agama," ujar Arya seperti ditulis Okezone, Jumat (14/03/2015).

Dia mencontohkan, bidang ilmu politik di Turki sedang berkembang dan menyesuaikan dengan standar Eropa. Enggak heran, Arya pun memilih negara ini sebagai tujuan studi doktoralnya di jurusan ilmu politik dan hubungan internasional.

Keuntungan lain dari memilih kuliah di Turki adalah kesempatan meraih ilmu tambahan lewat berbagai program kerjasama yang dilakukan kampus. Jebolan Master Ilmu Pertahanan dari Nanyang University Singapore itu menambahkan, kampus di Turki juga rajin menggelar program pertukaran pelajar dengan perguruan tinggi di berbagai negara.

"Sejak 2005, hubungan bilateral pendidikan antara Turki dengan Indonesia baik. Hingga saat ini, jumlah pelajar di sana pun sudah mencapai 700 mahasiswa S-1 hingga S-3, baik melalui beasiswa dari pemerintah maupun biaya sendiri," ungkap sarjana Antropologi Universitas Indonesia (UI) angkatan 2001 itu. (*)


Tags: