Sekjen Kemenag RI, Nizar Ali Mengucapkan Selamat pada Pemenang KSM dan MYRES 2023

Sekjen Kemenag RI, Nizar Ali Mengucapkan Selamat pada Pemenang KSM dan MYRES 2023

Kendari (Pendis) --- Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional tahun 2023 resmi ditutup pada Rabu (6/9/2023) malam. Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI mewakili Menteri Agama untuk menutup kompetisi tahunan madrasah ini.

Nizar mengungkapkan bahwa pengalaman-pengalaman yang sudah dilalui pada tahap seleksi adalah hal yang paling berharga. Itulah yang sungguh-sungguh akan membentuk pribadi-pribadi yang berkarakter gigih, tangguh dan unggul.

"Karakter-karakter tersebut yang akan modal utama kesuksesan di masa depan.  Dalam kompetisi ini, tidak ada yang menang, dan tidak ada yang kalah. Yang ada adalah para pemenang dan pembelajar, The winner and the learner, " imbuhnya pada sambutan yang disampaikannya sebelum pengumuman pemenang.

Nizar mengingatkan bahwa KSM ini bukanlah sekadar kompetisi untuk meraih kemenangan. Namun, adalah pengingat untuk terus belajar dan berproses agar menjadi orang hebat yang bermanfaat. Ia menghimbau agar para peserta KSM 2023 agar tidak lelah dan menempa diri, baik saat ada kompetisi maupun tidak.

"Bagi yang dinyatakan juara jangan lantas menjadi jumawah, sombong dan congkak. Karena, hakikatnya bukan itu yang kita cari, tapi penempahan jiwa karakter gigih, tangguh dan unggul itulah yang sungguh akan berarti kelak kemudian hari" pesan Nizar di Asrama Haji Kota Kendari.

Membawa predikat sebagai sang juara, kata Menag, itu tidak mudah dan tidak ringan. Sebagai sang juara, lanjutnya, secara moral dituntut prilaku dan tindakan menyesuaikan dengan predikat tersebut.

"Kalian adalah Sang Juara dari Kementerian Agama RI. Karena itu nilai-nilai agama mesti mewarnai dalam cara berfikir, bersikap dan berperilaku. Saya titipkan nama baik dan nama besar Kementerian Agama Republik Indonesia di Pundak kalian sebagai Sang Juara. Jadilah orang-orang hebat yang memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kemajuan Negara, Nusa, Bangsa, dan Agama, " tandas Nizar mengakhiri sambutannya

Nizar juga berpesan kepada para peserta KSM 2023 untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai inspirasi, sehingga apa yang kalian lakukan itu bernilai ibadah yang berpahala dan berdimensi ukhrawi.

KSM tingkat nasional tahun 2023 kali ini digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara tanggal 3-7 September 2023 dengan mengusung tema 'Mandiri Berprestasi  Membagun  Kemuliaan Negeri'. KSM ini juga digelar bersamaan dengan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) dengan peserta siswa siswi jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).