Program Join Community Service dan Kemitraan International  dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia dan Sekolah Indonesia Kuala Lu

Program Join Community Service dan Kemitraan International dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia dan Sekolah Indonesia Kuala Lu

Batusangkar (Pendis) Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar sukses menjalankan serangkaian program kegiatan Join Community Service dan Kemitraan Internasional dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia dan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Malaysia.

Tiga kegiatan Join Community Service kemitraan internasional ini digagas dua Program Studi yaitu Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dan Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah UIN MY Batusangkar.

Pertama Join Community Service, yang dilakukan pertengahan februari 2023, serangkaian program digagas  langsung oleh dosen serta mahasiswa PIUAD FTIK UIN MY Batusangkar dengan tajuk Ece Digital Teaching Aids, kepada mahasiswa Diploma Pendidikan Awal Kanak-Kanak, berlokasikan di gedung Aula Fakultas Pembangunan Manusia, UPSI Malaysia.

Wakil dekan bidang kerjasama FPM UPSI, mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh dosen UIN MY Batusangkar, ini sebuah trobosan baru dalam pengembangan sumber daya manusia dan juga mengasah keterampilan pelajar diploma dalam memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan karya buku cerita (story book) untuk anak usia dini.

Selain itu Dr. Azizah sebagai ketua departemen Pendidikan awal kanak-kanak mengucapkan terimakasih atas ilmu yang diberikan oleh TIM Dosen beserta para mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar dan kami siap berkolaborasi dalam program kemitraan Internasional lainnya.

kegiatan selanjutnaya Forum Group Discussion (FGD) dan lawatan ke National Child Development Research Centre (NCDRC), UPSI Malaysia, ini menggagas tentang pengelolaan pusat penelitian dan perkembangan anak usia dini di Malsysia dan Indonesia serta merumuskan program-program kerjasama yang meliputi praktik magang mahasiswa PIAUD di NCDRC seperti program visiting lecturer, program dual degree dan kolaborasi dalam publikasi ilmiah.

Kegiatan terakhir dengan melakukan pengabdian masyarakat Internasional di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Malaysia, yang melibatkan dosen dan mahasiswa PIAUD kegaitan ini mendemonstrasikan alat permainan edukatif berupa board game untuk mengajarkan kemampuan self care pada anak usia dini. Alat permainan board game tersebut merupakan hasil produksi dari bengkel alat permainan edukatif dan dibuat oleh mahasiswa PIAUD UIN mahmud Yunus Batusangkar.

Sementara itu Dosen dan mahasiswa Psikologi Islam memberikan psikoedukasi mengenai materi  pada siswa SMP dan SMA Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) terkait pencegahan grooming & fomo lebih bijak dalam menggunakan media social serta wellbeing cinic: mindfullness technique.

Waka Humas dan para guru dan siswa SIKL sangat antusias dan merespon kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan sangat postifi. Ibu Friny Napasati, M.Pd selaku kepala sekolah menyambut baik kegiatan PKM ini dan berharap agar kegiatan seperti dapat secara kontinyu dilakukan sehingga dampak positif dapat dirasakan masing-masing pihak.

Rektor UIN MY Batusangkar  Prof. Dr. Marjoni Imamora. M.Sc. mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Join Community Service dan Kemitraan Internasional dengan UPSI dan SIKL, yang digagas dua program studi, ini yang menjadikan kampus bereputasi global, seiring dengan visi, misi kampus kita.

Kita terus mendorong terobosan-terobosan dan ide yang kreatif dari program studi lainya, dalam menabah SDM kita serta menjadikan kampus Integratif Interkonektif dalam keilmuan, berkearifan local dan berepustasi global, pungkas Prof. Marjoni

Senada dengan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Dr. Sirajul Munir, M.Pd ini merupakan action nyata yang dilakukan oleh dua program studi dalam membangun kemitraan internasional yang akan berimbas baik pada akreditasi Program Studi dan membawa keberkahan bagi UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Diketahui, kegiatan Join Community Service dan Kemitaraan Internasional tersebut merupakan kali pertama dilaksanakan oleh Program Studi PIAUD dan Psikologi Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang akan terus dilakukan dengan Lembaga mitra Internasional lainnya yang telah melakukan Nota Kesepahaman (red MOU) dengan UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Pada program Join Community Service dan kemitraan Internasional yang pertama ini melibatkan 4 orang Dosen dan 4 mahasiswa aktif dari Program Studi PIAUD dan Psikologi Islam UIN Mamud Yunus Batusangkar.(tim/dn/hm)