Pelaksanaan Studium Generale Fakultas Adab Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung

Pelaksanaan Studium Generale Fakultas Adab Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung

Bandar Lampung (Pendis) - Pentingnya mendalami sejarah elit Muslim dalam konteks Indonesia menjadi bahasan pada Studium Generale atau Kuliah Umum Fakultas Adab Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Dengan mengangkat tema "Pergumulan Elit Muslim Dalam Sejarah Indonesia", gelaran yang berlangsung di Ruang Teater Gedung Akademik dan Riset Center ini sukses digelar, Selasa (31/10/2023).

Rektor UIN RIL yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Alamsyah menyambut semua peserta dan menggarisbawahi pentingnya mendalami sejarah elit Muslim dalam konteks Indonesia. Beliau mengungkapkan apresiasi kepada Fakultas Adab atas inisiatif menyelenggarakan Studium Generale yang relevan ini.

Menurutnya, Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung terus menunjukkan komitmennya untuk mengadakan kegiatan ilmiah yang relevan dan mendidik, serta berkontribusi pada pemahaman mendalam tentang sejarah dan budaya Islam di Indonesia.

Studium Generale kali ini menghadirkan narasumber utama, Jajat Burhanuddin, seorang ahli sejarah terkemuka yang telah banyak berkontribusi dalam pemahaman sejarah Islam di Indonesia. 

Jajat Burhanuddin membahas perkembangan peran dan kontribusi elit Muslim dalam perjalanan sejarah Indonesia, sekaligus menjelaskan tantangan dan perjuangan yang mereka hadapi dalam berbagai periode sejarah.

"Saya berharap kegiatan semacam ini memberikan wawasan mendalam tentang peran elit Muslim dalam sejarah Indonesia, serta memotivasi para peserta untuk terus mempelajari dan menghargai warisan sejarah ini," ujar Jajat.

Sejarah elit Muslim di Indonesia, menurutnya, mencerminkan kisah perjuangan, kearifan, dan kontribusi berbagai tokoh yang telah berperan penting dalam membangun Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas Muslim.

Acara ini dihadiri oleh beragam peserta, termasuk mahasiswa dan dosen, yang memiliki minat dalam sejarah dan perkembangan Islam di Indonesia.