UMP Dukung Kelahiran Generasi Muda Matematika

UMP Dukung Kelahiran Generasi Muda Matematika

PURWOKERTO (Suara Merdeka)– Progam Studi Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), berkomitmen dan ikut mendukung kelahiran generasi muda Matematika yang cerdas dan kreatif.

Untuk mendukung upaya tersebut, salah satunya menggelar lomba Matematika tingkat nasional untuk kalangan pelajar mulai SD/MI, SMP/MTs hingga SMA/ MA/SMK. Lomba diadakan beberapa waktu lalu di Auditorium Ukhuwah Islamiyah.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Furqanul Aziz MPd mengatakan, kegiatan nasional tersebut adalah salah satu upaya UMP untuk berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Ini juga upaya untuk mewujudkan Purwokerto sebagai kota pelajar yang berharga, dengan harapan kota ini bisa menjadi pusat kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan di seluruh Indonesia," katanya.

Dekan FKIP Drs Ahmad MPd mengatakan, fakultasnya memiliki perhatian besar untuk mencetak generasi emas Indonesia. Lewat perlombaan seperti itu sekaligus menciptakan atmosfer pendidikan yang baik guna mendukung terciptanya generasi muda Matematika yang cerdas dan berkarakter.

Agenda Rutin

Dia mengemukakan, lomba diikuti 483 peserta, terdiri atas 172 pelajar tingkat SD/MI, 136 pelajar tingkat SMP/ MTs, dan 175 pelajar tingkat SMA/MA dari berbagai provinsi.

"Ini bukan kegiatan kali pertama kita selenggarakan. Lomba ini sudah menjadi agenda rutin tahunan dan tiap tahun peserta terus bertambah," katanya.

Peserta berprestasi berhak meraih uang pembinaan dengan total Rp 24 juta, piala bergilir, dan kesempatan memperoleh beasiswa kuliah di UMP. Pemenang tingkat SD, juara I Fernando N Sitanto dari SD Santa Maria Cirebon, juara II Feodora Allysha dari SD Putra Harapan Purwokerto, dan juara III Nicholas Dwi Hardjo Leksono dari SD Santo Yosep Purwokerto.

Juara harapan I Steven Chrispoher Handoko dari SD Tritunggal Semarang dan juara harapan II Pikatan Arya Bramajati dari SD Sokanegara 2 Purwokerto.

Sementara tingkat SMP/MTs, juara I Michael Agung Nugroho dari SMP Karangturi Semarang, juara II Kinanton Arya Bagaspati dari SMP 2 Purwokerto, dan juara III Hanif Ainur Rizky Aryadi dari SMP Al Irsyad Purwokerto.

Juara harapan I Markus Leonard Wijaya dari SMP Theresiana 1 Semarang dan harapan II Daud Wiily Oktavian Oentoro dari SMP Tritunggal Semarang.

Tingkat SMA/MA/SMK, juara I Yosua Feri Wijaya dari SMA 3 Semarang, juara II Ko Abel Ardana K dari SMA Karangturi Semarang, dan juara III Alfian Fuadi R dari SMA Sragen Bilingual Boarding School. Harapan I Dani Natanael dari SMA 2 Purwokerto dan harapan II Edward Keitaro dari SMA Karangturi Semarang. (G22-37)


Tags: