Undip Mantapkan Orientasi sebagai Universitas Riset

Undip Mantapkan Orientasi sebagai Universitas Riset

SEMARANG (Suara Merdeka) – Undip memantapkan diri menjadi universitas rset yang unggul pada 2020. Universitas tersebut mengadakan rapat kerja tahunan (rakerta), baru-baru ini. "Rakerta ini sangat strategis sebagai pemantapan indikator kinerja Undip 2015 sekaligus untuk me-review capain indikator kinerja Undip tahun 2016.

Yang paling penting hasil rakerta ini bia menjadi jembatan yang akan dipergunakan bagi Rektor baru nanti," kata Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD dalam acara Rapat Kerja Tahunan Akhir Tahun 2014 bertema "Implementasi Tata Kelola PTN-BH dalam Memperkuat Universitas Riset" di Gedung ICT Center Undip Tembalang, baru-baru ini. Kegiatan itu dihadiri jajaran rektorat, para pimpinan fakultas, lembaga, dan elemen universitas.

Rektor mengatakan, berkaitan dengan memantapkan posisi sebagai universitas riset unggul Undip akan melakukan beberapa langkah strategis, di antaranya dengan mengintegrasikan publikasi dalam kurikulum pascasarjana, jejaring bidang penelitian dan publikasi, juga reward publikasi untuk dosen dan mahasiswa. Selain itu, masih ada peningkatan layanan perpustakaan, peningkatan status akreditasi dan pengindekan jurnal di lingkungan Undip, serta optimalisasi laboratorium terpadu.

PTNBH

Undip sebagai PTN-BH perlu berkontribusi dalam hilirisasi dan komersialisasi hasil-hasil penelitian yang bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat luas. Universitas ini akan memaksimalkan diri untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Sudharto menyatakan, rakerta ini penting, karena bisa menjadi media strategis untuk penyusunan rencana kerja tahun depan yang lebih terarah dan terukur. "Melalui rakerta akan dapat disajikan pemikiran tentang rencana ke depan, sekaligus menerjemahkan visi dan misi undip," ungkapnya. (H41-37)


Tags: