Sosialisasi Perguruan Tinggi kepada kelas XII

Sosialisasi Perguruan Tinggi kepada kelas XII

Grobogan (Pendis) - Ikatan Alumni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Grobogan (IMAMANSAGAN) kembali menggelar Campus Expo tahun 2023. Kegiatan rutin tahunan ini dilaksanakan Sabtu, 11 Februari 2023 bertempat di kampus MAN 1 Grobogan dan diikuti oleh 21 perguruan tinggi.

Yoga Pangestu, ketua panitia campus expo tahun 2023 dalam laporannya mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan gambaran dan mengenalkan perguruan tinggi dan strategi masuk ke perguruan tinggi kepada siswa MAN 1 Grobogan.

Dalam sambutannya pada apel pembukaan campus expo, Kepala MAN 1 Grobogan, Suprapto berharap kegitan ini dapat memberi  referensi atau gambaran tentang kampus atau dunia perkuliahan kepada siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

"Jika kalian ingin mendapatkan apa yang kalian cintai, maka bersabarlah pada yang kalian benci," pesan Suprapto mengenai perihal bersyukur.

Acara ini diikuti oleh perwakilan dari universitas ternama, beberapa di antaranya adalah Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Negeri Semarang (UNNES), UIN Wali Songo Semarang, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Airlangga.

Salah satu acara yang paling ditunggu adalah sosialisasi dari semua perwakilan perguruan tinggi. Sambutan meriah diberikan siswa-siswi MAN 1 Grobogan kepada kakak kelas mereka yang telah menjadi alumni saat memberikan sosialisasi.

Hanan Naufal Indratma perwakilan dari Universitas Gadjah Mada, menyelipkan pesan untuk adik-adik agar tetap semangat untuk mencapai cita-cita.

"Yang pertama itu semangat, tidak perlu takut masuk UGM, disana itu belajar bareng, dan sukses bareng. Jangan menyerah, belajar terus dan intinya semangat," pesan Hanan alumni MAN 1 Grobogan angkatan 2022.

Banyak siswa-siswi merasa bahwa kakak kelas mereka begitu gagah dan berwibawa saat memakai jas almamaternya masing-masing. Hal ini juga mendorong mereka untuk mengikuti jejak mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Kakak alumni ganteng-ganteng dan cantik-cantik memakai almamater. Saya juga pengen seperti mereka. Doain saya ya." ucap Alfiyaturrahma siswi kelas XI MIPA 3 tak bisa menyembunyikan kekagumannya.

Bapak ibu guru juga memandang positif acara campus expo tahun ini. banyak manfaat yang bisa diperoleh siswa-siswi yang mengikuti acara tersebut.

"Expo tahun ini cukup lumayan. Saya pikir ini akan sangat memberikan pengaruh kepada adik-adik kelas. Dan saya harap dapat ditingkatkan lagi untuk tahun mendatang," imbuh Yus Marlena.

Perlu diketahui juga bahwa acara ini juga diikuti oleh perwakilan dari universitas-universitas yang tak kalah mentereng di Kabupaten Grobogan, di antaranya adalah Universitas An-Nur dan Sekolah Tinggi Agama Islam Grobogan (STAIG), Sekolah Tinggi Islam Sunniyah Selo (STISS).

Berikut 21 perguruan tinggi yang ikut memeriahkan expo campus 2023, UIN Walisongo Semarang, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Dian Nuswantoro, UIN Raden Mas Said SURAKARTA, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas PGRI Semarang, Universitas Al Hikmah Jepara, IAIN Kudus, Universitas Terbuka (UT), UIN Salatiga, Universitas An Nur Purrwodadi, STISS (Sekolah Tinggi Sunniyah Selo), Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), Unissula Semarang, Institiu Tehonologi dan Bisnis Muhammadiyah Grobogan (ITBMG) Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU), Politeknik Balekambang Jepara, Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan Semarang. (Fahmi Ulum)