VERSI WEBOMATRICS ; UGM Peringkat 1 di Indonesia

VERSI WEBOMATRICS ; UGM Peringkat 1 di Indonesia

YOGYA (KR) - UGM kembali menempatkan diri pada peringkat 1 di Indonesia dalam daftar 100 terbaik Asia Tenggara dan 29 perguruan tinggi (PT) di Indonesia masuk peringkat 7, sementara UI pada peringkat 8 dan ITB berada pada peringkat 15. Untuk kawasan Asia, UGM berada pada peringkat 69 dan pada peringkat dunia, berada di posisi 593.

Menurut Kepala Humas dan Keprokolan (HMK) UGM Suryo Baskoro, Jumat (4/2) Webometrics kembali mempublikasikan daftar peringkat perguruan tinggi terbaik dunia pada situs www.webometrics.info, edisi Januari 2011. Peringkat teratas Asia Tenggara diduduki National University of Singapore, teratas Asia, National Taiwan University, terbaik dunia dipegang Massachusetts Institute of Technology.
"Posisi teratas di Indonesia bagi UGM ini sama dengan yang dicapainya pada Webometrics edisi Januari 2010, demikian pula sepanjang tahun 2008 dan 2009 yang lalu. Webometrics lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol, yang dua kali dalam setahun mengeluarkan daftar peringkat, yakni pada bulan Januari dan Juli," kata Suryo Baskoro.
Pemeringkatan pada Webometrics didasarkan pada keunggulan dalam publikasi elektronik (e-publication) yang terdapat dalam domain web masing-masing perguruan tinggi. Penilaian diukur dari 4 indikator, yakni Size (jumlah halaman publikasi elektronik yang terdapat dalam domain web PT), Visibility (jumlah halaman lain yang mencantumkan URL domain PT yang dinilai). Dua indikasi lainnya, Rich Files (relevansi sumber elektronik dengan kegiatan akademik dan publikasi PT tersebut), dan Scholar (jumlah publikasi dan sitasi bermutu pada domain PT).
Data yang dikumpulkan dengan 4 indikator ini diolah dan digunakan untuk memeringkat 12.000 perguruan tinggi se dunia. Capaian tersebut membuktikan publikasi elektronik di domain ugm.ac.id dinilai paling komprehensif dan paling kaya di negeri ini. (Asp)-s


Tags: