Rektor UIN Salatiga dan Rektor UKSW Salatiga menandatangani MoU

Rektor UIN Salatiga dan Rektor UKSW Salatiga menandatangani MoU

Salatiga (Pendis) - Universitas Islam Negeri Salatiga kembali menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan kemasyarakatan dengan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. Penandatanganan Naskah Kerja Sama dilaksanakan pada Selasa (7/3/2023) di Gedung KH. Hasyim Asy’ari Kampus III, UIN Salatiga.

Rektor UIN Salatiga, Zakiyuddin Baidhawy menuturkan UIN Salatiga sejak masih berstatus Sekolah Tinggi telah bekerja sama dengan UKSW. Kali ini, Ia berkenan kembali memulai secara formal kerja sama yang sempat terputus tersebut.

“Syukur Alhamdulillah, kita bisa kembali menjalin kerja sama," tuturnya di Salatiga, Selasa (07/02/2023).

Rektor menjelaskan kampusnya akan mulai mengembangkan banyak hal pasca adanya alih status pada pertengahan 2022, sehingga membutuhkan kerja sama dari banyak pihak. Dirinya mengaku akan terus terbuka untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, tanpa memandang ras, suku, dan agama.

"Makin banyak kami menjalin kerja sama, maka akan semakin cepat kami mencapai visi yang telah ditetapkan,” tukasnya.

Zakiyuddin berharap UIN Salatiga bisa banyak melakukan kolaborasi dengan UKSW. Apabila UKSW membutuhkan ahli dalam studi Islam, maka UIN Salatiga bisa menyediakan SDM yang berkompeten dalam bidang tersebut.

"Begitu pula sebaliknya," harapnya.

UIN Salatiga, lanjut Rektor, akan mengembangkan Halal Studies. Hal ini juga bisa menjadi awal bekerja sama dengan UKSW yang sudah lebih dulu memiliki laboratorium sains. Sehingga, ia meyakini akan ada lebih banyak hal yang bisa dikerjakan bersama.

Zakiyuddin berharap kerja sama yang dijalin bisa menjadi practical documents yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. Hal serupa juga disampaikan oleh Rektor UKSW Salatiga, Prof. Intiyas Utami, saat menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk menjalin kerja sama.

"Kami harap cepat ada tindak lanjut dan hal-hal yang bisa diwujudkan dari adanya kerja sama dengan UIN Salatiga baik dalam hal edukasi maupun inovasi," serunya.

Rektor perempuan pertama UKSW itu menilai keberadaan UIN Salatiga dan UKSW telah mewarnai Salatiga, selanjutnya kedua institusi harus bisa bersama mewarnai dan mencerdaskan bangsa.

“Semoga niat baik ini bisa menjadi berkat bersama,” pungkasnya.​