Dekan Muhammad Dirhamsyah foto bersama lulusan terbaik FST UIN Ar-Raniry

Dekan Muhammad Dirhamsyah foto bersama lulusan terbaik FST UIN Ar-Raniry

Banda Aceh (Pendis) --Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh meluluskan 194 lulusan pada yudisium gelombang III Tahun Akademik 2022/2023 bertempat di Auditorium Prof Ali Hasymi kampus tersebut, Selasa (29/8/2023).

Dari jumlah lulusan tersebut, prodi Arsitektur meluluskan 59 orang, prodi Teknik Lingkungan 54 orang, prodi Biologi 39 orang, prodi Kimia 23 orang dan prodi Teknologi Informasi 19 orang.

Dekan FST UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam arahannya, Muhammad Dirhamsyah berpesan kepada para lulusan agar mampu memperjuangkan kemandirian dalam merebut peluang pasar dengan bekal sains, teknologi dan Imtaq.

Menurutnya, secara literasi, para Yudisia akan melahirkan peradaban yang signifikan sesuai dengan konteks, relevansi dan signifikansi mendapatkan solusi permasalahan melalui pembelajaran (learning), mengetahui, mengenal, mengerti, memahami, men-skill-kan, merefleksi, mendesain, memodelkan, mengestimasi, dan melakukan hilirisasi produk inovasi.

Sementara secara numerasi, para Yudisia diharapkan mampu menerapkan/mengaplikasikan prinsip matematik dalam kehidupan dengan kemampuan membaca diagram, grafis, dan statistik, serta mampu mengkontekstualisasi fenomena sejahtera (semua yang kita inginkan ada), profesionalisme, pembangunan peradaban.

Peradaban akan berisikan orang-orang yang beradab dengan menjunjung tinggi rasa hormat, rasa setia, kasih sayang, sopan santun (etika) dengan literasi yang diperoleh selama menimba ilmu di UIN Ar-Raniry dan terhindar dari brutalisasi.

"Insya Allah, Sains dan Teknologi selalu dapat menyeimbangkan kecerdasan literasi dan numerasi yang dapat dimanfaatkan pada dunia kerja,"ungkap Dirham di hadapan para peserta yudisium, Selasa (29/8).

Lebih lanjut, Dirham berharap para Yudisia dan alumni Saintek terus bertindak sebagai inovator dan transformator pembangunan kesehateraan dengan Cepat, Akurat dan Tepat dalam merebut peluang peradaban dan juga berfungsi sebagai pilar.

"Para Yudisia berpeluang besar menjadi gerombolan pelaku pembangunan negeri dengan invensi-invensi cemerlang, serta menjadi ajang silaturahmi, diskusi, sharing, sinergi dan berjajaring secara global,"ungkapnya.

Sementara itu, untuk orasi ilmiah disampaikan oleh Kedeputian Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan, Kementerian PPN/Bappenas, Ir. M. Iqbal Abbas, MBA dengan tema Penyiapan SDM memasuki Pasar Kerja dan Green Jobs

Adapun lulusan terbaik pada yudisium gelombang III Tahun Akademik 2022/2022 yaitu :

1. Fiza Ikra Maullah (IPK : 3.81) Prodi Arsitektur
2. Aisha Shakira (IPK : 3.80) Prodi Teknik Lingkungan
3. Fitria Andani (IPK : 3.67) Prodi Biologi
4. Noradhimah (IPK : 3.66) Prodi Kimia
5. Novi Ayu Irhami (IPK : 3.75) Prodi Teknologi Informasi