Maskot DIKSI “Si Elang Bondo”, Maskot KSM 2022

Maskot DIKSI “Si Elang Bondo”, Maskot KSM 2022

Jakarta (Pendis) -- Maskot DIKSI “Si Elang Bondo” dipilih sebagai maskot Kompetisi Sains Madrasah, Madrasah Young Researcher Super Camp dan Science Expo Madrasah atau Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022.

KSM tingkat nasional ini akan berlangsung dari 9 sampai 14 Oktober 2022  di Jakarta. Adapun tema yang diangkat pada KSM tahun ini adalah "Mandiri Berprestasi Bangkitkan Negeri

Maskot DIKSI “Si Elang Bondomenjadi maskot KSM di Jakarta. Elang Bondol yang berkepala botak merupakan maskot kota Jakarta, tempat KSM tahun 2022 dilaksanakan, adalah seekor burung yang terkenal kuat, pemberani, dan mudah beradaptasi terang Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh Isom di Jakarta Jumat (07/0/2022).

Menurut Isom, “DIKSI” itu sendiri merupakan singkatan dari kata “Mandiri Bangkit Berprestasi” yang merupakan tema KSM 2022 mengandung makna bahwa setiap pelajar pasca pandemi covid 19 harus cepat pulih dan cepat bangkit untuk meraih prestasi.

Dalam Kamus KKBI “DIKSI” berarti pilihan kata yang tepat dan selaras dalam penggunaan. “DIKSI” digunakan untuk mengungkapkan gagasan sehingga memperoleh efek tertentu seperti yang diharapkan, lanjutnya.

Selain itu, terdapat Sabuk dan Selempang menggunakan Batik Tumpal yang merupakan ragam hias yang berbentuk segitiga mengandung makna harmoni dalam kebhinekaan, serta memiliki makna yang mendalam sebagai pengikat keberagaman, terang Isom.

Sementara untuk logo KSM 2022 merupakan tulisan KSM, berbentuk huruf dari molekul-molekul Ilmu Pengetahuan Alam. Dikatakan Isom bahwa Logo Kompetisi Sains Madrasah 2022 ini mencerminkan rasa optimis, dinamis, bersatu dan tegas. Sebuah representasi dari tagline Madrasah Mandiri Berprestasi.