5 Budaya Kerja Harus Menjadi Inspirasi Kinerja

Sabtu, 17 November 2018 07:12 WIB
Pendis

5 Budaya Kerja Harus Menjadi Inspirasi Kinerja

Bogor (Pendis) - Di tengah tuntutan masyarakat akan eksistensi Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai di lingkungan Kementerian Agama RI harus tampil beda dibanding dengan kementerian lain. "Kementerian Agama punya 5 budaya kerja yang harus menjadi inspirasi kinerja para aparaturnya," tegas Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Bogor, Ansurullah, di Komplek MAN 2 Kota Bogor, Jum`at (16/11).

Di hadapan 58 kepala madrasah dan kepala bagian tata usaha (Kabag TU) baik MAN dan MTsN se-Bekasi, Bogor dan Depok, Kankemenag mengingatkan agar para ASN memegang prinsip Integritas, Profesional, Inovasi, Tannggung Jawab dan Keteladanan. "Dalam pengelolaan barang dan jasa misalnya, birokrat harus profesional yang ditunjukkan dengan memiliki sertifikat pengadaan barjas," kata mantan kepala di beberapa madrasah di Jawa Barat ini.

Dalam forum "Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Barang & Jasa Menuju Zona Integritas - Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK) wilayah Jawa Barat" tersebut, Ansurullah juga mengatakan bahwa birokrat harus merubah mindset, cara pandang, bahwa semua barang yang digunakan sebagai penunjang kerja harus dirawat. "Kembalikan Barang Milik Negara bila sudah pensiun atau purna tugas..!," tegas Ansurullah.

Terkait dengan problematika pengelolaan barang dan jasa di lingkungan satker madrasah dan Pendidikan Islam di Kankememag, ia mengatakan bahwa masih banyak pejabat pengadaan yang belum mempunyai sertifikat barjas. "Walaupun sudah 12 hari mengikuti Diklat Barjas, jarang ada yang lulus. Namun walaupun tidak lulus masih bisa menjadi ketua/pejabat pengadaan dalam sekali dalam satu tahun," ungkap mantan Kepala Bagian Tata Usaha di salah satu madrasah ini.

Turut hadir dalam acara ini sejumlah pimpinan dan sekaligus sebagai narasumber baik dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dan Kankemenag Kota Bogor; Kepala Bagian Umum (Ali Ghozi), Kasubbag Rumah Tangga (Muslikin), Kasubbag Perlengkapan (Fahrurrozi) dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kota Bogor (Marlihah).

Pada Focussed Group Discussin (FGD) ke-7 dari 9 zona ini, dihadirkan juga narasumber dari Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI ; Wahyu Adi Prakoso dan Abdul Aziz Noor. Keduanya, membahas tentang Komponen Indikator ZI WBK/WBBM dan teknis pengelolaan Barang & Jasa.

Akhirnya, pungkas Kankemenag Kota Bogor, pengelolaan barang dan jasa harus ditata dan diperbaiki. "Buku yang dibagikan untuk peserta berisi tentang Peraturan Presiden dan Peraturan LKPP tentang Barjas hendaknya bisa ditelaah untuk memperkaya tentang Pengadaan Barang dan Jasa," kata Pak Kankemenag. (@viva_tnu/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.