Data EMIS Valid, Program Pendidikan Islam Solid

Jumat, 25 November 2016 07:09 WIB
Pendis

Data EMIS Valid, Program Pendidikan Islam Solid

Yogyakarta (Pendis) - Sistem pendataan EMIS (Education Management Information Systems) yang telah berjalan sejak tahun 1996 saat ini telah menjadi tulang punggung dalam pengelolaan data pendidikan Islam di lingkungan Kementerian Agama, bahkan tidak hanya diandalkan pihak internal melainkan juga eksternal. Dengan adanya upaya-upaya meningkatkan sistem pendataan pendidikan Islam yang semakin baik, diharapkan mampu terwujud idealisme data EMIS valid maka program pendidikan Islam solid.

"Betapa pentingnya data sudah saatnya menjadi perhatian serius seluruh pihak, persoalan data bukan hal remeh, bahkan salah atau berbohong dalam menginput data bisa dipidanakan, apalagi saat ini tidak ada persetujuan suatu program tanpa ada data yang disodorkan", sebagaimana Sekretaris Ditjen Pendis Moh. Ishom Yusqi mengingatkan dalam pembukaan Validasi dan Verifikasi Data Pendidikan Tinggi Islam di Yogyakarta (23/11/16).

Senada dengan Sekretaris Ditjen Pendis, Wakil Rektor II UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Sahiron yang ikut mendampingi Sesditjen, menyampaikan bahwa cita-cita World Class University seluruh UIN/IAIN/STAIN di Indonesia, khususnya dalam bidang Islamic Studies, salah satu pilar yang harus dipenuhi adalah infrastruktur data yang baik, dalam hal ini EMIS, selain sumber daya manusia yang bermutu.

Oleh karenanya diselenggarakan kegiatan Validasi dan Verifikasi Data Pendidikan Tinggi Islam Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Subbag Sistem Informasi Setditjen Pendis (23 - 25 November 2016) dimaksudkan untuk : 1) Meningkatkan kualitas data pendidikan tinggi Islam yang dikelola melalui sistem pendataan EMIS, dilakukan melalui suatu proses updating data secara periodik dan berkesinambungan; 2) Mentabulasi dukungan dari para pengelola data EMIS PTKI baik tingkat pusat, PTKIN, PTKIS, dan kopertais; 3) Mengupgrade seluruh pihak yang terkait dalam proses updating data, harus dapat bersinergi dan bekerjasama dalam melakukan rangkaian proses updating mulai dari proses input, verifikasi dan validasi data sehingga pendataan EMIS dapat menghasilkan data yang semakin lengkap dan akurat.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini mampu memberikan informasi tentang progress pelaksanaan updating data EMIS PTKI semester ganjil tahun akademik 2016/2017, melakukan validasi dan verifikasi data EMIS semester ganjil tahun akademik 2016/2017, mensosialisasikan kebijakan-kebijakan terbaru terkait pengelolaan data pendidikan Islam, meningkatkan koordinasi dan komitmen para pengelola data EMIS PTKIN dan Kopertais, dan menciptakan sinergitas-kerjasama-kekompakan para pengelola data EMIS dalam mewujudkan data EMIS PTKI yang semakin berkualitas dan dapat diandalkan", ujar Kasubbag Sistem Informasi Setditjen Pendis Dodi Irawan Syarip.

Adapun materi-materi yang disampaikan dalam kegiatan Validasi dan Verifikasi Data Pendidikan Tinggi Islam Tahun 2016 antara lain : a) Arah kebijakan pengelolaan data EMIS dalam mendukung layanan pendidikan Islam berbasis sistem informasi, b) Urgensi data EMIS PTKI dalam perencanaan anggaran PTKIN, c) Perencanaan dan penganggaran program pendidikan Islam tahun 2017, d) Verifikasi dan validasi data EMIS PTKI semester ganjil tahun akademik 2016/2017, e) Pengembangan aplikasi pendataan EMIS PTKI, f) Skema integrasi sistem informasi pendidikan Islam, g) Komitmen penyelesaian data dan review kegiatan.

"Data harus memenuhi setidaknya tiga syarat yakni : obyektif (apa adanya), relevan (mewakili apa yang dibutuhkan), dan up-to-date (terbarukan). Ketiga syarat tersebut menjadi penting dalam upaya mewujudkan idealisme bahwa dengan data EMIS valid maka program pendidikan Islam pun akan solid", tegas Ishom.

(sya/ra)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.