Ditjen Pendis Tindak Lanjuti Hasil Evaluasi RB

Senin, 5 November 2018 13:07 WIB
Pendis

Ditjen Pendis Tindak Lanjuti Hasil Evaluasi RB

Jakarta (Pendis) - Pasca dilakukan evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB) pada Juli dan Agustus lalu, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Bagian Organisasi, Kepegawaian dan Hukum melakukan koordinasi guna menindaklanjuti hasil evaluasi tersebut.

Evaluasi oleh Kementerian PAN dan RB itu tidak hanya dilakukan terhadap Unit Kerja di tingkat pusat, tetapi menjangkau beberapa satuan kerja di daerah seperti Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), Kantor Wilayah Kemenag Provinsi, Kantor Kemenag Kota/Kabupaten, Kantor Urusan Agama (KUA), dan madrasah.

"Kita diberi waktu kurang lebih dua bulan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan berdasarkan hasil evaluasi Kementerian PAN dan RB," terang Kepala Subbagian Organisasi dan Tata Laksana Ditjen Pendidikan Islam, Yusi Damayanti, saat mengisi acara Rakor Bidang Ortala, Reformasi Birokrasi dan Evaluasi Kinerja Pendidikan Islam pada Kamis (01/11) di Denpasar, Bali.

Salah satu catatan hasil evaluasi yang menjadi sorotan, terang Yusi, adalah terkait standar pelayanan. Menurutnya masih banyak unit kerja di pusat maupun satuan kerja di daerah yang belum memiliki standar pelayanan. Adanya standar pelayanan ini dinilai penting untuk memberikan kepastian layanan kepada para stakeholder.

Catatan lainnya berdasarkan hasil evaluasi adalah terkait pemberian tunjangan kinerja pegawai yang masih mengacu pada kehadiran pegawai. Seharusnya mengacu pada kinerja pegawai. Untuk menjawab catatan ini, Kementerian Agama telah memiliki aplikasi Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN Kementerian Agama (SIEKA). Hanya saja masih mengalami kendala dalam implementasinya.

Selain berisi catatan kekurangan, hasil evaluasi juga menunjukkan beberapa keunggulan. Di antaranya adalah pengendalian gratifikasi yang semakin membaik dan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah menggambakan kinerja outcome Kementerian Agama secara utuh.

Rakor Bidang Ortala, Reformasi Birokrasi dan Evaluasi Kinerja Pendidikan Islam diselenggarakan untuk memenuhi kekurangan-kekurangan berdasarkan hasil evaluasi Tim Kementerian PAN dan RB. Acara ini berlangsung selama 3 (tiga) hari yakni pada 1 s/d 3 November 2018 dan diikuti oleh utusan dari PTKIN, Madrasah, dan Ditjen Pendidikan Islam. (nanang/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.