Kankemenag Kota Sukabumi: Di Tangan Operator Simak Nasib BMN Kita

Jumat, 17 Mei 2019 13:06 WIB
Pendis

Kankemenag Kota Sukabumi: Di Tangan Operator Simak Nasib BMN Kita

Sukabumi (Pendis) - Dalam strategi manajemen aset, harus ada sinergi yang dinamis pada proses pengelolaan barang milik negara (BMN), yang dimulai dari perencanaan, penganggaran, pengadaan, pemanfaatan, dan bahkan juga penghapusan.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi, Ahmad Chalik Mawardi ketika menjadi narasumber pada kegiatan FGD Penguatan Pengelolaan BMN Pusat dan Satker di Hotel Horison Sukabumi. "Pengelolaan aset negara harus mencerminkan beberapa proses atau tahapan yang harus dilakukan, yaitu mulai perencanaan, penganggaran, dan sampai kepada pemanfaatan dan bahkan penghapusan," tegasnya pada Jum`at (17/05).

Pada kesempatan ini, Kankemenag menyatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan. Mengingat permasalahan yang terjadi sangat kompleks. Di mana data aset tercatat di sistem aplikasi, sementara barangnya tidak diketahui keberadaannya. "Acara ini sangat penting dan krusial, untuk memberikan tambahan wawasan bagi kita semua. Selama ini, BMN yang dikenal adalah barang milik Naib. Artinya, seiring berjalannya waktu, BMN kita akan hilang ketika pemegangnya memasuki masa pensiun. Karena mindset pejabat kita merasa lebih memiliki daripada yang lain. Permasalahan seperti ini cukup mengganggu," papar Chalik.

Di samping itu, kata alumni IAIN Syahid Jakarta, madrasah-madrasah di Sukabumi kebanyakan tidak memiliki tanah sendiri. Hal ini menjadi kendala tersendiri ketika madrasah akan melakukan pengembangan. "Dalam hal kekayaaan, madrasah-madrasah di sini nilai tanahnya nol, sementara nilai bangunannya ratusan juta rupiah. Karena banyak madrasah kita dibangun di atas tanah wakaf. Ada juga madrasah yang status tanahnya milik pemerintah daerah (Pemda). Dalam arti pinjam pakai. Sehingga, lagi-lagi kita terkendala ketika ingin mengembangkan madrasah dimaksud".

Terkait adanya selisih pencatatan di Simak BMN, menurut Chalik, juga dipengaruhi oleh faktor SDM. "Pengelolaan BMN di Kemenag cenderung lemah. Utamanya kualitas SDM yang kurang memadai. Sehingga ini juga yang menimbulkan selisih pencatatan di Simak BMN kita," ujarnya.

Pada kesempatann terakhir, Kankemenag menghimbau kepada para peserta kegiatan, yang terdiri dari unsur operator Simak BMN di madrasah (MTsN dan MAN) dari Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur agar mengikuti kegiatan dengan seksama, memperoleh pengetahuan yang lebih baik sehingga BMN di satkernya masing-masing terkelola dengan baik. "Kemenag memiliki banyak kekayaan, tetapi tidak terkelola dengan baik. Setelah mengikuti kegiatan ini, mari kita tertibkan manajemen pengelolaan BMN madrasah kita, kita cata dan inventarisir. Kita pisahkan mana yang milik pribadi dan milik negara. Karena di tangan para operator Simak nasib BMN kita," pungkasnya.

Kasubbag Perlengkapan dan BMN, Fakhrurozi, dalam pengantarnya mengatakan bahwa, penguatan pengelolaan BMN di Satker Pendis di daerah akan selalu diupayakan dalam rangka menciptakan tertib administrasi, tertib hukum, dan tertib fisik dalam pengelolaan BMN. "Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi para pengelola BMN, sehingga dalam melaksanakan tugasnya menjadi tertib administrasi, tertib hukum, dan tertib fisik," pungkas Fakhrurozi. (ozi/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.