November Hijau, Dirjen Pendis Imbau Sisa Program Terselesaikan dengan Tuntas

Senin, 30 Oktober 2023 16:04 WIB
Pendis

Rapat Pimpinan (Rapim) Ditjen Pendis, Senin (30/10/2023)

Jakarta (Pendis) - Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) melakukan evaluasi kinerja selama beberapa pekan yang telah berlalu. Memasuki bulan November, semua Direktorat harus melaksanakan sisa program kerja yang sedang dilakukan dan yang akan dilakukan dengan cepat, tepat, tuntas, berdampak, dan berkualitas. 

Imbauan ini disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani dalam arahannya di Rapat Pimpinan (Rapim) Ditjen Pendis, Senin (30/10/2023).

Ramdhani mengistilahkan dengan “semua kalender harus hijau di bulan November”. Hal ini dimaksudkan agar kinerja di bulan November perlu ditingkatkan, mengingat akan menghadapi akhir tahun yang berarti tutup anggaran.

"Beberapa program perlu dipercepat penanganannya, seperti bantuan-bantuan untuk belanja agar segera direalisasikan. Perlu juga perhatian dalam pelaksanaan bantuan tersebut, yakni harus melalui aturan," ujar Ramdhani. 

Menurut Ramdhani, setiap pelaksanaan penyaluran bantuan harus dipastikan terdapat legal standing yang mengatur. Program tersebut juga harus dipastikan petunjuk pelaksanan (juklak) dan petunjuk teknisnya (juknis) sesuai tahun berlakunya aturan tersebut. 

"Jika juklak tahun ini tidak dibuat, maka aturan mengacu pada juklak tahun sebelumnya, makanya perlu dipastikan bahwa juklaknya tidak dibatasi hanya pada tahun tersebut," tutur Dirjen.

"Dan pastikan melibatkan Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam menyusun aturannya," imbuhnya.

Selain itu, pria yang akrab disapa Kang Dhani ini juga mengingatkan akan pentingnya evaluasi dalam organisasi. Menurutnya, hal ini diperlukan untuk melihat sejauh mana capaian kinerja yang sudah dilakukan dan mempersiapkan kinerja ke depan agar tidak mengulangi kesalahan yang ditemukan dalam tiap evaluasi.

Selanjutanya, Dirjen juga menyampaikan terkait program Digitalisasi Madrasah yang perlu dilakukan dengan cermat. Karena menurutnya, terkait dengan penerima dan penetapan lokasi yang perlu pengaturan yang serius dan berkeadilan. 

"Juga program bantuan “solar cell” yang perlu disiapkan dari sekarang," tukasnya.

Pada bagian OKH, lanjut Kang Dhani, perlu diperhatikan terkait dengan mutasi. Perlu dilakukan koordinasi dengan bagian yang menjadi “leading sector” masing-masing jabatan fungsional. Sebelum menempatkan pagawai pada jabatan dan fungsinya, perlu dilakukan uji kompetensi terlebih dahulu pada lembaga-lembaga induk sungsional tersebut. 

Menurut Ramdhani mutasi dari pegawai struktural menjadi fungsional dosen, jika tidak dilakukan uji kompetensi akan menghasilkan kinerja dosen yang tidak sesuai, seperti minimnya kehadiran mereka karena jarang masuk atau diserahkan kepada dosen yang lain. "OKH perlu berkoordinasi dengan Biro Kepegawaian dalam pelaksanaan ujian tersebut," tegasnya.

Berikutnya, terkait dengan program inpassing, kata Ramdhani, perlu dilakukan dengan cermat agar pelaksanaannya sesuai harapan. Ia juga menegaskan perlunya koordinasi dengan Kanwil kerena pendanaan ada pada mereka. 

Terkahir, Ramdhani mengungkapkan terkait program Hari Santri yang dinilai baik oleh banyak kalangan. "Namun ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, yaitu tentang pola komunikasi antar beberapa pihak yang kerap menjadi minus dalam capaian kerja baik kita," pungkasnya.


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.