Perkuat Layanan Pembiayaan Pendidikan Keagamaan, Sekjen Serahkan ST Timker Puspenma

Kamis, 20 Maret 2025 12:50 WIB
Pendis

Sekjen Kemenagg Kamaruddin Amin menyerahkan Surat Tugas kepada Tim Kerja Puspenma, Rabu (19/3/2025).

Jakarta (Kemenag) --- Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Kamaruddin Amin menyerahkan Surat Tugas kepada Tim Kerja Pusat Pembiayaan Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan (Puspenma) Setjen Kemenag RI di Jakarta, Rabu (19/3/2025).

Kamaruddin menegaskan bahwa keberadaan Puspenma diharapkan dapat memperkuat layanan pembiayaan pendidikan di lingkungan Kementerian Agama. Ia juga mendorong tim yang telah ditunjuk untuk bekerja secara optimal, lincah, kreatif, dan inovatif dalam memberikan layanan kepada masyarakat, terutama dalam penyaluran beasiswa.

"Saya berharap Puspenma memberikan pelayanan secara optimal, lincah, kreatif, dan inovatif kepada masyarakat pengguna beasiswa," ujar Kamaruddin dalam arahannya pada finalisasi pedoman pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit 2025.

Dengan terbentuknya Tim Kerja, Kamaruddin optimistis bahwa Puspenma akan menjadi lembaga yang otoritatif, profesional, dan mampu memenuhi harapan banyak pihak dalam penyelenggaraan layanan beasiswa yang prima.

Kepala Puspenma, Ruchman Basori, menjelaskan bahwa lembaga ini dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 33 Tahun 2024 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama. Puspenma memiliki tugas utama dalam merumuskan serta melaksanakan kebijakan pembiayaan pendidikan agama dan keagamaan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Pembiayaan pendidikan merupakan aspek strategis karena berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia. Puspenma akan menangani berbagai layanan beasiswa, Program Indonesia Pintar (PIP), Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, riset kolaboratif, serta investasi pendidikan lainnya," jelas Ruchman.

Secara lebih rinci, Puspenma memiliki beberapa fungsi utama, di antaranya merumuskan kebijakan, rencana, program, dan kegiatan pembiayaan pendidikan agama dan keagamaan; menyediakan layanan beasiswa, baik dalam negeri maupun luar negeri, serta mengelola pembiayaan investasi dan kerja sama di bidang pendidikan.

Dalam rangka optimalisasi tugas dan fungsi Puspenma, Sekjen Kemenag telah menetapkan 4 Ketua Tim Kerja dan 8 Kepala Subtim. Dari jumlah tersebut, saat ini telah terisi 5 Kasubtim yang telah menerima Surat Tugas, yaitu:

  1. Ketua Tim Kerja Beasiswa Pendidikan Tinggi Keagamaan, Dr. Hj. Siti Maria Ulfa, S.Pd.I., M.S.I

  2. ⁠Ketua Tim Kerja Beasiswa Pendidikan Keagamaan dan Afirmasi, Dr. Amiruddin Kuba, S.Ag., MA., CWC.

  3. Ketua Tim Kerja Program Indonesia Pintar pada Pendidikan Dasar dan Menengah Keaganaan, Tria Sendy Santoso, S.Kom., MM.

  4. ⁠Ketua Tim Kerja Investasi, Kerja sama, dan Riset, Hendro Dwi Antoro, S.H., C.Med

  5. Ketua Subtim Beasiswa Gelar Dalam Negeri, Siska Merrydian, S.Si., M.Pd.

  6. ⁠Ketua Subtim Beasiswa Luar Negeri, Syamsuddin Prasetyo

  7. Ketua Subtim PIP Pendidikan Dasar Keagamaan, Ferdany Genny Arifianti, SE

  8. ⁠Ketua Subtim KIP Kuliah, M. Asikin, ST

  9. ⁠Ketua Subtim Investasi Pendidikan dan Kerjasama, Achmad Taufiq, S.HI., M.Pd

Dengan adanya tim ini, diharapkan Puspenma mampu menjalankan tugasnya secara lebih efektif dalam mendukung pembiayaan pendidikan agama dan keagamaan di Indonesia


Tags:

Puspenma

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
PPG Daljab Kemenag

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kemenag RI

Pendis
SPAN PTKIN 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2025

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan