Sekjen Kemenag: Ada 3 Tantangan di Bidang Kepegawaian

Kamis, 28 Juni 2018 13:12 WIB
Pendis

Sekjen Kemenag: Ada 3 Tantangan di Bidang Kepegawaian

Surabaya (Pendis) - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nur Syam, mengemukakan tiga tantangan yang dihadapi Kemenag di bidang kepegawaian. Hal ini dikemukakan olehnya ketika mengisi acara Rapat Koordinasi Bidang Kepegawaian Pendidikan Islam pada Rabu (27/06) di Surabaya.

Pertama, tantangan profesionalitas. Nur Syam menerangkan bahwa perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat menyebabkan dunia mengalami disrupsi, yakni perubahan yang cepat dan tidak terduga. Menurutnya kondisi ini menuntut aparatur untuk meningkatkan profesionalitas.

Lebih jauh, mantan Rektor IAIN (sekarang: UIN) Sunan Ampel Surabaya ini menjelaskan tiga parameter seorang aparatur disebut profesional, yaitu memiliki pengetahuan standar tentang tugas dan fungsinya, mampu mengerjakan tugas dan fungsinya, serta berintegritas.

Kedua, tantangan kinerja. Nur Syam menerangkan bahwa saat ini kita berada di era manajemen kinerja (performance management) yang ditandai dengan adanya keinginan mendongkrak performa kerja. Agenda reformasi birokrasi yang dicanangkan oleh pemerintahan saat ini ditujukan untuk membangun kinerja yang optimal, terukur, relevan dengan perjanjian kinerja, serta memiliki target. Upaya tersebut dilakukan pemerintah untuk mencapai world class bureaucracy di tahun 2025.

"Dalam menyajikan data capaian kinerja jangan memperbanyak aspek retorika, cukup paparkan berapa target kinerjanya dan berapa pencapaian kinerjanya," terang Nur Syam.

Ketiga, tantangan pendataan/database. Nur Syam memandang keberadaan data pegawai yang valid sangat penting. Data tersebut misalnya dibutuhkan ketika mengajukan kenaikan anggaran maupun penambahan pegawai.

"Ketika Kemenag mengajukan kenaikan anggaran atau penambahan SDM, maka yang ditanya adalah datanya mana. Dan, data yang dimaksud adalah data yang telah terverifikasi oleh Inspektorat Jenderal Kemenag dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)," ungkapnya.

Nur Syam berharap melalui kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Kepegawaian Pendidikan Islam ini diperoleh visi yang sama untuk membangun database kepegawaian yang validitasnya terjamin.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bagian Organisasi, Kepegawaian dan Hukum Direktorat Jenderal Pendidikan Islam ini akan berlangsung selama tiga hari pada 27 s/d 29 Juni 2018. (Nanang/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.