Sesditjen Pendis: Program Kerja Harus Efektif dan Inovatif

Sabtu, 19 Mei 2018 00:01 WIB
Pendis

Sesditjen Pendis: Program Kerja Harus Efektif dan Inovatif

Bekasi (Pendis) - Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Sesditjen Pendis) Moh. Isom Yusqi, mengajak kepada jajaran pejabat dan pegawai di lingkungan Ditjen Pendis, khususnya di Bagian Umum dan BMN untuk melakukan hijrah dari stigma "kuli" menjadi manajer.

"Bagian Umum yang seperti kita ketahui selama ini, seolah-olah "tukang angkut-angkut" yang selalu disuruh-suruh. Mestinya sudah hijrah menjadi manajer, sehingga bisa mengendalikan semua kondisi layanan perkantoran," tegas Moh. Isom Yusqi saat menyampaikan arahan di hadapan peserta kegiatan Penyusunan Program Kerja Direktorat Jenderal Pendidikan Islam di Hotel Santika Premier Bekasi, Jumat (18/05).

Lebih lanjut, menurutnya, dalam penyusunan program, khususnya di Bagian Umum dan BMN, perlu memperhatikan beberapa hal penting. Pertama, program kerja harus fokus pada tugas dan fungsinya. Kedua, program kerja harus lebih inovatif. Ketiga, program kerja harus efektif. Dari ketiga kriteria tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan kualitas layanan terhadap stakeholders menjadi lebih baik.

"Dalam menyusun program harus sesuai tusi. Kegiatan yang tidak sesuai tusi diganti saja. Di samping itu, target hasil yang ingin dicapai harus jelas, sekecil apapun. Sehingga semua bisa diukur secara kuantitatif. Berikutnya, program kerja agar lebih inovatif. Dan terakhir, program kerja harus lebih efektif dan memberikan impact yang jelas," imbuhnya.

Dalam hal inovasi program kerja, Isom mencontohkan di antaranya: adanya manajemen penggunaan ruangan berbasis aplikasi; manajemen kebutuhan layanan pimpinan; perjalanan dinas pimpinan agar di-drive atau dibuatkan agenda perjalanan dalam satu tahun, baik dalam dan luar negeri: manajemen perlengkapan dan inventarisasi BMN berbasis aplikasi; manajemen keprotokolan; manajemen tata kelola persuratan berbasis online.

"Kita ini fungsinya adalah pelayan masyarakat. Setiap ada kebutuhan masyarakat harus segera ditanggapi. Sehingga program-program yang sifatnya inovatif sangat diperlukan. Misalnya manajemen penggunaan ruangan berbasis aplikasi; DL pimpinan baik dalam maupun luar negeri di-drive setahun; inventarisasi BMN berbasis aplikasi; keprotokolan; tata kelola persuratan berbasis online; dan lain-lain. Dengan demikian, akan terwujud pelayanan prima," pungkas Isom. (ozi/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.