Kemenag Koordinasikan Persiapan Pelatihan Optimal dan Tepat Sasaran

Selasa, 20 Februari 2024 09:01 WIB
Pendis

Persiapan Pelatihan

Bogor (Pendis) —- Sesuai amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan ketentuan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru yang menjelaskan bahwa guru wajib memiliki Kualifikasi Akademik, kompetensi, Sertifikat Pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
 
Sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional kementerian agama malalui Proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education –selanjutnya disebut Realizing Education’s Promise- (Madrasah Education Quality Reform) (Loan 8992-ID) melakukan berbagai pelatihan dalam meningkatkan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah yang bertujuan untuk penjaminan mutu pendidikan di bawah naungan kementerian agama.

Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melaksanakan kehiatan Koordinasi Persiapan Pelatihan pada Pusdilat pada 18-20 Februari 2024 di Bogor.

Dalam kesempatan ini, Plt. Direktur GTK Madrasah, Muchamad Sidik Sisdiyanto menyampaikan bahwa, mengawali pelaksanaan pelatihan tahun 2024 ini, Direktorat GTK Madrasah perlu melakukan koordinasi dengan Pusdiklat Teknis Pendisikan dan Keagamaan Kemenag agar project pelatihan ini mendapat dukungan penuh dari para stakeholder tingkat provinsi dan kabupaten/kota dalam mendukung pencapaian hasil yang maksimal sesuai dengan indikator capaian project khususnya pada komponen 3.

Kegiatan koordinasi ini secara umum ditujukan untuk mensinkronisasi sistem data kepesertaan pelatihan pada SIMPATIKA dan SIMDIKLAT. Hal ini untuk memastikan integritas informasi dan efektivitas program. Dengan data yang terkoordinasi, dapat mengidentifikasi tren, evaluasi keberhasilan pelatihan, dan memastikan bahwa peserta menerima materi yang sesuai dengan kebutuhan. Tegasnya.

Selanjutnya, adalah review/penyesuaian kurikulum pelatihan. Proses ini dilakukan untuk menjaga relevansi dan efektivitas kurikupum oelatihan yang dibuat. Agar lebih maksimal perlu untuk melibatkan pemangku kepentingan, praktisi pendidikan, evaluasi dari pelaksanaan sebelumnya, dan sesuaikan materi dengan perkembangan terbaru. Dengan demikian, dapat memastikan pelatihan memberikan nilai tambah yang optimal untuk peserta. Jelasnya.

Hal lain yang tidak kalah penting, menurut pria yang akrab disapa Sidik, adalah bahwa perlu penyiapan instrumen Monitoring dan penjaminan mutu pada pelatihan terutama yang ada di PUSDIKLAT. Jadi Instrumen yang dibuat harus mencakup pertanyaan-pertanyaan terstruktur dan metode pengukuran yang sesuai dengan tujuan pelatihan. Tuturnya.

Terakhir, Memastikan jadwal kegiatan pelatihan agar membantu menciptakan lingkungan yang terstruktur dan mendukung keberhasilan pelatihan secara keseluruhan.

Kegiatan ini dihadiri dari beberapa Peserta yaitu Stakeholder pada Diroktorat GTK Madrasah dan Direktorat KSKK Madrasah, PUSDIKLAT Kemenag RI, Pewakilan Balaidiklat Keagamaan, Konsultan REP-MEQR, Kepala Madrasah, Pengawas Madrasah dan Praktisi Pendidikan.


Tags:

guru

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah