Konsen Pendidikan ABK, Kemenag Perkuat GPK Madrasah 

Pendis
Herman Kontributor
Sabtu, 29 Juli 2023 17:40 WIB
Pendis

Penguatan Guru Pendamping Khusus (GPK) Inklusi di Madrasah

Malang (Pendis) - Penguatan Guru Pendamping Khusus (GPK) Inklusi di Madrasah terus diberikan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Isom Yusqi dalam arahannya menyampaikan program ini sebenarnya sudah lama direncanakan, dan ini merupakan hal yang baru maka perlu adaptasi narasi inklusi yang kuat dan berpijak pada Gender Disabilitas Sosial Inklusi (Gedsi).
 
“Sekitar 15 tahun kesetaraan gender menjadi program prioritas, meskipun belum tuntas, contoh 30 persen keterwakilan perempuan di DPR. Pokok kesetaraan gender kesamaan dan keadilan antara laki laki dan perempuan di sekolah dan di madrasah harus diperkuat,” tegas Isom di Malang, Jum'at (28/07/2023).

Isom juga menjelaskan bahwa saat ini disabilitas menjadi konsen pemerintah, memberikan hak yang sama kepada semua warga negara Indonesia, baik yang normal maupun berkebutuhan khusus. Begitupun terkait Agama kalau tuna netra ada Al-Quran brailer, tuna rungu juga ada kesempatan dan fasilitas untuk memahami Al-Quran, harus sama-sama mendapatkan fasilitas dan juga hak sebagai warga negara. 

"Jumlah disabilitas masih banyak yang belum terdeteksi, maka sangat dibutuhkan untuk menghimpun data anak berkebutuhan khusus (ABK)," ungkap Isom. 

Anak disabilitas, lanjut Isom, harus inklusif bersama dengan yang normal, tidak disendirikan dan tidak dibedakan. Paradigma lama disebut sekolah luar biasa (SLB), paradigma baru harus inklusif (berbaur tanpa diskriminasi). Maka, gurunya harus benar-benar hebat, sehingga diperlukan pemikiran dan terobosan yang besar.

"Guru perlu memberikan strategi dalam memberikan pemahaman dan pengajaran pada ABK," tandasnya.

Kasubdit Bina GTK RA, Irhas Sobirin menyampaikan guru madrasah harus siap mendedikasikan dan merawat anak berkebutuhan khusus (ABK), agar terpenuhi pendidikan Inklusi yang baik di madrasah. Menurutnya, guru harus seperti dokter, harus ahli segalanya dalam menangani anak (ABK), karena guru lebih penting daripada metode apapun.

Irhas berarap, pelatihan anggkatan ke 2 ini dapat memberikan motivasi yang kuat bagi guru-guru pendamping khusus. Keihklasan dan kesabaran harus ditekankan pada guru pendamping anak ABK, mental harus kuat dan tangguh. Meniatkan ibadah dalam rangka membimbing anak berkebutuhan khusus (ABK).

Pengurus Pusat Forum Pendidik Madrasah Inklusif (FPMI), Maskanah menyebut pendidikan inklusi semakin banyak dukungan dari berbagai pihak terutama dari Direktorat GTK Madrasah dan Direktorat KSKK Madrasah pada Kementrian Agama RI. 

Dukungan yang kuat ini, katanya, terus berkembang dengan roadmap yang telah disusun, dengan capaian untuk tahun 2026 semua Madrasah sudah inklusif. Sehingga tidak ada lagi madrasah yang menolak anak berkebutuhan khusus (ABK). 

“Kemenag harus terus berjuang memaksimalkan guru pendidik inklusi, kedepanya semua madrasah ada guru pendamping khususnya (ABK),” kata Maskanah.

Kegiatan ini dihadiri 40 peserta perwakilan Guru Pendamping Khusus (GPK) Inklusi di Madrasah. Herman


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah