Menag Nasaruddin Tegaskan MAN IC Jadi Lembaga Pendidikan Unggul juga Berkah, Berikut Pesannya!

Selasa, 25 Maret 2025 13:48 WIB
Pendis

Rapat Koordinasi Optimalisasi MAN IC

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Nasaruddin Umar menegaskan bahwa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) harus menjadi lembaga pendidikan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga penuh berkah. Hal ini disampaikannya dalam Rapat Koordinasi MAN IC yang dihadiri oleh pejabat eselon 1 dan 2 serta para pimpinan dan pembina madrasah dari seluruh Indonesia pada Selasa (25/3/2025).

Dalam arahannya, Menag menyoroti perlunya strategi promosi dan publikasi MAN IC yang lebih massif. Ia mengingatkan bahwa sikap tawaduk yang berlebihan justru dapat menghambat pengakuan terhadap keunggulan madrasah.

"Jangan terlalu rendah hati sampai keberhasilan MAN IC tidak terlihat. Madrasah ini perlu publikasi yang lebih luas agar bisa dikenal dan dijadikan model pendidikan unggulan," tegasnya.

Selain itu, ia menekankan pentingnya penguatan jaringan stakeholders serta membangun koneksi dengan dunia global. "Madrasah tidak bisa berjalan sendiri. Perlu ada sinergi dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendukung pertumbuhan MAN IC," ujarnya. Menag juga menegaskan perlunya soliditas dan kolaborasi antara MAN IC di berbagai daerah agar bisa saling mendukung dan berbagi keunggulan.

Terkait pendanaan, Menag mengajak MAN IC untuk mulai memikirkan alternatif sumber pendapatan. Salah satu gagasan yang ia sampaikan adalah sistem subsidi silang dalam pembayaran uang sekolah.

"Apakah memungkinkan ada model subsidi silang bagi siswa? Ini bisa dikaji dari segi regulasi. Tapi yang pasti, saya melihat perlunya alokasi anggaran khusus bagi MAN IC agar operasional dan pengembangannya lebih optimal," jelasnya.

Ia juga menekankan perlunya peningkatan kegiatan ekstrakurikuler agar siswa memiliki lebih banyak pilihan dalam mengembangkan bakatnya. "Ekstrakurikuler di MAN IC harus lebih variatif, lebih banyak opsi yang bisa meningkatkan keterampilan dan kreativitas siswa," kata Menag.

Terakhir, Menag menegaskan pentingnya peningkatan kualitas guru di MAN IC. Menurutnya, tenaga pendidik harus memiliki wawasan luas dan memahami metodologi pembelajaran yang selalu berkembang. "Guru-guru MAN IC harus terus upgrade wawasan dan kompetensinya. Mereka harus memahami tren pendidikan global, inovasi pembelajaran, dan perkembangan teknologi agar mampu mencetak lulusan yang berdaya saing tinggi," pungkasnya.

Senada dengan Menteri Agama, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, menekankan bahwa MAN IC perlu melakukan publikasi yang lebih masif dan intensif untuk memperkuat citra dan daya saingnya.

"Jangan sampai prestasi luar biasa yang telah diraih MAN IC tidak dikenal luas oleh masyarakat. Perlu ada strategi komunikasi yang lebih terstruktur agar keberhasilan MAN IC bisa menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya," ujarnya.

Selain itu, Sekjen juga menyoroti pentingnya sinergi dengan pemerintah daerah dalam pengembangan MAN IC, khususnya terkait pengadaan lahan untuk penambahan madrasah. "Pemerintah daerah, baik bupati, wali kota, maupun gubernur, harus diajak berkolaborasi untuk mendukung pengembangan MAN IC, terutama dalam penyediaan lahan. Ini penting agar madrasah unggulan ini bisa terus berkembang dan menjangkau lebih banyak siswa berbakat," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Amien Suyitno, menegaskan bahwa MAN IC adalah contoh nyata dari integrasi sains dan Islam yang tidak bisa dipisahkan. "Keunggulan MAN IC terletak pada perpaduan antara pendidikan sains dan nilai-nilai keislaman yang kuat. Selain itu, sistem boarding school, penguatan riset, tahfidz Quran, serta penguasaan bahasa asing menjadi fondasi utama dalam pembentukan karakter siswa," ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi berbagai capaian prestasi MAN IC, baik di tingkat nasional maupun internasional. "Dalam hampir setiap kompetisi, termasuk Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan berbagai ajang internasional, siswa MAN IC selalu menorehkan prestasi gemilang. Bahkan, MAN IC Serpong baru-baru ini berhasil mengirimkan 15 siswanya ke perguruan tinggi ternama, baik di dalam maupun luar negeri," paparnya.

Dirjen menambahkan bahwa keunggulan MAN IC tidak hanya terbatas pada segelintir madrasah, tetapi merata di berbagai daerah. "Hampir semua MAN IC yang ada saat ini selalu menempati posisi terbaik di provinsinya masing-masing. Bahkan, MAN IC yang baru berdiri pun mampu bersaing dengan SMA unggulan lainnya," imbuhnya.


Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
PPG Daljab Kemenag

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kemenag RI

Pendis
SPAN PTKIN 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2025

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan