Jakarta (Pendis)--Kementerian Agama telah merilis hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) 2024. Rapor AKMI 2024 dapat dilihat pada masing-masing akun madrasah pelaksana AKMI melalui laman: portal-akmi.kemenag.go.id.
“Rapor AKMI adalah cerminan dari capaian kompetensi literasi peserta didik madrasah di seluruh Indonesia,” ungkap Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama, Muchamad Sidik Sisdiyanto saat Pembukaan Kegiatan Percepatan Pemanfaatan Rapot AKMI untuk Strategi Peningkatan Literasi Peserta Didik Madrasah di Jakarta, Sabtu (23/11/2024).
Menurut Sidik, AKMI 2024 merupakan program penilaian kompetensi yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat KSKK Madrasah. AKMI bertujuan mengukur kemampuan dasar siswa madrasah di seluruh Indonesia dalam empat bidang utama: literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial-budaya.
Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa betapa lengkap dan canggihnya hasil asesmen yang dihasilkan, tidak akan membawa dampak apapun jika hanya berhenti sebagai dokumen data statistik saja, hasil asesmen harus ada tindak lanjutnya, oleh sebab itu, sangat penting untuk memahami rapot AKMI sehingga dapat mengetahui kekuatan, kelemahan dan tantangan kemudain menentukan Langkah meningkatkan kompetensi literasi peserta didik demi meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di madrasah, ujar Sidik.
Sidik menambahkan bahwa rapot AKMI hendaklah menjadi bahan evaluasi dan merupakan refleksi serta sumber inspirasi dalam mendesign program-program strategis yang relevan untuk peserta didik. Rapot AKMI sebagai pedoman dasar memahami posisi madrasah dan menentukan Langkah strategi peningkatan literasi di masa mendatang.
“Kita berharap dengan melihat rapot AKMI, madrasah menerapkan prinsip berkelanjutan dan kolaborasi, sebab menjadi tugas kita bersama sebagai warga madrasah saling bersinergi meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah, ujar Sidik.
Kepala Subdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK Madrasah, Abdul Basit menyampaikan laporan nya bahwa kegiatan ini untuk menuntaskan dan sebagai percepatan pemanfaatan rapot AKMI untuk Strategi Peningkatan Literasi Peserta Didik. “ Kegiatan ini juga sebagai ruang diskusi dalam membuka dan menambah wawasan kita bersama terhadap strategi efektif dan upaya peningkatan kompetensi literasi peserta didik, tandasnya.
Kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta yang merupakan tim Komponen 2. Turut hadir Kasubtim RA, Siti Maria Ulfa, Kasubtim MI/MTs Arisandi dan Kasubtim MA Zulkifli serta para konsultan dan pakar Komponen 2.
Tags:
madrasah,AKMI2024Bagikan: