Stafsus Menag: Harus Pro Aktif Silaturahim Ke Lembaga Pendidikan Al-Qur’an

Senin, 14 Maret 2022 15:12 WIB
Pendis

Staffsus Menag bersama Kasubdit Pendidikan Al Quran

Cirebon (Pendis)--Di tengah situasi sosial, politik, dan budaya masyarakat yang tak menentu saat ini, muncul kecenderungan baru terkait dengan penggunaan media sosial sebagai alat berdakwah secara online oleh kelompok tertentu. K.H. Nuruzzaman, pengasuh pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon mengingatkan pentingnya menguasai dunia IT untuk memberikan keseimbangannya. Hal itu disampaikannya pada acara “Penyusunan Buku Moderasi Beragama Pendidikan Al-Qur’an” di Cirebon, 11-13 Maret 2022.
 
Nuruzzaman yang juga menjadi Staff Khusus Menteri Agama RI lebih jauh mengingatkan, bahwa terdapat indikasi kuat bahwa lembaga tahfidh al-Qur’an ini berbeda dengan lembaga pendidikan al-Qur’an lainnya, seperti TPQ/A, perbedaannya antara lain, terdapat lembaga tahfidh yang masih eksklusif, tertutup, dan rekruitmennya terbatas. Oleh karena itu, lanjut alumni sosiologi Universitas Indonesia ini menghimbau supaya para peserta lebih sering untuk silaturahim kepada Lembaga Pendidikan al-Qur’an.

“Sekurangnya, para Kasi yang hadir ini perlu silaturahim ke Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) atau Pesantren, minimal seminggu sekali turun ke lapangan, untuk menyapa, dan seterusnya. Dengan silaturahim itu, maka akan terjadi komunikasi yang lebih akrab dengan mereka. Hal itu juga bagian dari pelayanan prima untuk menjemput bola, bukan menunggu di kantor saja”, ujarnya. Ketika silaturahim itulah nilai-nilai moderasi beragama juga dapat disampaikan kepada para ustadz atau santrinya. Sehingga, dengan silaturahim tersebut, Kementerian Agama dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti berita-berita negatif yang dapat menodai keberadaan Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Islam.

Sejalan dengan itu, sebelumnya Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Dr. Waryono Abdul Ghafur menyatakan, bahwa saat ini semua pihak, khususnya PD Pontren harus dapat berkontribusi kepada bangsa terkait merawat harmoni dalam perbedaan melalui moderasi beragama. Buku-buku terkait itu sudah banyak disusun dalam berbagai perspektif dan kebutuhan. Oleh karenanya, pada kesempatan membuka acara dan memberikan arahan secara daring, Direktur Waryono menegaskan pentingnya buku yang distingtif, jika hendak menyusun buku moderasi beragama untuk para ustadz dan santri LPQ. 

“Menyampaikan moderasi beragama kepada masyarakat harus melihat audience. Dalam konteks Lembaga Pendidikan Al-Qur’an yang notabene dimulai sejak usia dini hingga dewasa maka diperlukan buku yang disusun dengan bahasa dan kreasi menarik, seperti gambar animasi maupun kartun. Hal itu diperlukan sebagai distingsi khusus di lingkungan Lembaga Pendidikan Al-Qur’an”, imbuhnya.

Sementara itu, pada akhir acara, Kepala Sub Direktorat Pendidikan Al-Qur’an, Mahrus menindaklanjuti arahan pimpinan, mengutarakan bahwa buku yang akan disusun terkait moderasi beragama pada lingkup Pendidikan Al-Qur’an akan dimulai dengan membuat buku saku serial. Di antara serial itu, misalnya buku terkait adab terhadap Al-Qur’an, diawali dengan bagaimana membawa Al-Qur’an, membacanya, hingga meletakkannya kembali dengan cara yang santun, toleran, dan moderat. Lalu, seri berikutnya tentang sejarah sanad keilmuan pembelajaran Al-Qur’an di Indonesia. Sanad ini juga bagian dari pembelajaran Al-Qur’an yang moderat, supaya tidak terkesan instan, tetapi ada proses dan tahapan-tahapannya. Buku saku itu perlu dihiasi dengan pesan-pesan edukatif, misalnya pada cover belakang, atau sisipan buku yang menyampaikan keragaman budaya dan suku yang menjadi kerangka Bhinneka Tunggal Ika atau semacamnya, terkait Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Usulan buku serial tersebut, ujar Mahrus, merupakan hasil diskusi bersama para pengkaji moderasi beragama dari Rumah Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, praktisi pendidikan Al-Qur'an, dan para pejabat eselon 4 (Kepala Seksi) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota/Kabupaten yang hadir dari di wilayah Jawa Barat bagian Timur dan Jawa Tengah bagian Barat, serta para pejabat fungsional dan staf di lingkungan Subdit Pendidikan Al-Qur’an. Semoga kegiatan tersebut menjadi kontribusi lain Pendidikan Al-Qur’an melalui direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren untuk bangsa Indonesia. [ME/Yusr)


Pendis

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah