Tingkatkan Mutu Pendidikan Keagamaan, Kemenag Susun Regulasi dan Tata Kelola Madrasah Diniyah Takmiliyah

Kamis, 21 Maret 2024 08:45 WIB
Pendis

Penyusunan Regulasi dan Tata Kelola MDT

Madrasah DIniyah Takmiliyah (MDT) yang akrab dikenal dimasyarakat sebagai sekolah arab perlu ditingkatkan kualitasnya. Kualitas ini menjadi suatu keniscayaan sebagai bagian dari pembangunan pendidikan keagamaan Islam. Dalam kerangka itulah Kemenag melalui Direktorat Pendidikan Diniyah & Pondok Pesantren (PD-Pontren) melaksanakan giat penyusunan regulasi dan tata kelola MDT.

Plt. Direktur PD-Pontren Waryono dalam pengarahan secara daring mengatakan MDT sebagai satuan pendidikan non formal yang berjenjang perlu dirumuskan capaian pendidikan yang terukur yang nantinya harus dituangkan dalam panduan pembelajaran yang bersifat substantif.

“Menurut kami, pembelajaran yang bersifat substantif itu penting. Mengapa? Karena ini akan menghindarkan pembelajaran yang hanya mementingkan formalitas, yang penting anak lulus dapat ijazah. Dan menghindarkan dari pembelajaran yang menghasilkan peserta didik selayaknya manusia robot yang bertindak tanpa memperhatikan perasaan kemanusiaannya.”tutur Guru Besar UIN Yogyakarta.

Berkaitan dengan penilaian hasil pembelajaran, Waryono pun mempertanyakan akan seperti apa kompetensi pembelajaran yang harus dicapai dalam setiap jenjang. sehingga materi pembelajarannya perlu dirumuskan baik kompetensi makro maupun kompetensi mikro.

“Misalnya peserta didik MDT yang lulus mau jadi seperti apa, maka harus dirumuskan capaian pendidikan yang meliputi pengetahuan tentang aqidah, fiqh, akhlak, sejarah dan bahasa Arab selain itu pula harus ada rumusan pengembangan kecakapan berpikir kritis dan kompetensi sosial dan emosionalnya, Semua itu harus dirumuskan capaiannya sehingga nantinya menjadi panduan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik MDT” terang pria kelahiran Cirebon.

Sebelum menutup pengarahannya, Waryono berpesan agar peserta bersegera melakukan penyusunan rumusan capaian pembelajaran yang secara eksplisit mengandung pesan kebaikan dan sisipan tamsil dalam al Quran. Dengan demikian rumusan semacam inilah yang akan berguna bagi pendidik dan akan menjadikan MDT sebagai lembaga pendidikan yang menyiapkan peserta didik yang lebih baik dan menyiapkan kehidupan yang baik setelahnya.

Kasubdit Pendidikan MDT Siti Sakdiyah mengamini dan menandaskan kegiatan yang dilakukan intinya adalah akan menyusun capaian pembelajaran dan penilaian hasil belajar dengan target tersusunnya Draft Pedoman Penilaian Hasil Pembelajaran MDT.

“Kami harapkan peserta dapat menerjemahkan hal-hal yang disampaikan oleh Plt Direktur PD-Pontren ketika melakukan penyusunan dan akan dibentuk tim yang masing-masing akan membahas kedua rumusan tersebut”

Kegiatan berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 20 s.d 22 Maret 2024 di Bogor yang dihadiri oleh perwakilan MDT dan Katim MDT Kanwil Kemenag Propinsi di wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah; FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,; FKDT pada wilayah Brebes Jawa Tengah dan Unsur Direktorat PD-Pontren. Narasumber yang dijadwalkan hadir adalah Dr. M. Amin, M.Pd dari Dosen UNSURI Sidoarjo (Materi : Panduan Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Diniyah Takmiliyah) dan Dr. Amiroh Ambarwati, MA dari Balai Diklat Keagamaan Semarang  (Materi : Bentuk Penilaian Hasil Belajar Dalam Kurikulum Merdeka Belajar).


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah