Guru PAI SLB Perlu Terapkan Psikoterapi Religius Pada Anak Berkebutuhan Khusus

Jumat, 11 Desember 2015 10:45 WIB
Pendis

Guru PAI SLB Perlu Terapkan Psikoterapi Religius Pada Anak Berkebutuhan Khusus

Bandung (Pendis) - Peran Guru PAI pada Sekolah Luar Biasa (SLB) tentu saja luar biasa pentingnya dalam pengembangan pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus (ABK). Mereka tidak hanya mendidik namun mendampingi sekaligus motivator para siswa ABK. Pengembangan Religious Culture atau budaya beragama di lingkungan sekolah tidak hanya menjadi harapan Direktorat PAI terhadap sekolah-sekolah umum, namun juga di lingkungan SLB. Di SLB mengharuskan para guru membuat formulasi yang sesuai dengan kekhususan para siswanya.

Dr. Amin Haedari, M.Pd selaku Direktur PAI menjelaskan di hadapan Guru PAI SDLB yang mengikuti kegiatan Peningkatan Kompetensi GPAI SDLB Angkatan 2 di Bandung, 9 s/d 11 Desember 2015 bahwasanya Dit.PAI tetap memiliki visi dan misi pengembangan SLB. Seperti halnya motto pendidikan Inklusif bahwa Education for All, pendidikan untuk semua, maka Dit.PAI menegaskan semua pihak dalam pendidikan akan mendapat porsi yang sama terkait juga dalam hal pengembangan pembelajaran. Guru PAI SDLB, sama seperti juga guru pada umumnya harus memiliki 4 kompetensi penting ditambah 2 kompetensi fardhu `ain dari Kementerian Agama yakni leadership dan spiritual.

Dalam kaitannya dengan pengembangan kompetensi spiritual para GPAI SDLB harus memiliki kedekatan atau chemistry yang kuat dengan peserta didik. Salah seorang narasumber yang juga dosen psikologi UNJ, Iriani Indri Hapsari, M.Psi menyampaikan anak-anak berkebutuhan khusus yang memiliki kesulitan-kesulitan dalam belajar baik menulis, membaca maupun menghitung bahkan kesulitan dalam konsentrasi perlu diterapkan adanya psikoterapi. Psikoterapi lebih membutuhkan waktu yang lama dan konsisten ketimbang konseling, karena dalam psikoterapi ada unsur penyembuhan. Psikoterapi religious dapat diterapkan oleh para GPAI SLB dalam kaitannya mengatasi kesulitan mereka dalam belajar. Dalam psikoterapi religius agama menjadi sumber utama dalam merubah seseorang tak terkecuali ABK. Dengan nilai-nilai keagamaan diharapkan mampu menyelesaikan konflik pribadinya. Komunikasi dua arah antara guru dan siswa ABK tetap menjadi unsur yang paling penting, ujarnya.

(wikan/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah