Petakan Profil Pegawai, Sebanyak 54 PNS UIN Antasari Ikuti Asesmen

Jumat, 19 November 2021 08:36 WIB
Pendis

54 Pegawai UIN Antasari mengikuti asesmen

Banjarmasin (Pendis) – Sebanyak 54 Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari mengikuti Uji Kompetensi (Asesmen). 54 orang PNS ini terdiri dari Kepala Bagian, Koordinator Bagian, Kepala Subbagian, Sub Koordinator Bagian, Pejabat Fungsional Tertentu (JFT) dan Pejabat Fungsional Umum (JFU).

Sekretaris Jenderal Kemenag RI yang dalam hal ini di wakili oleh Analis Kepegawaian Ahli Madya / Koordinator pada Bagian Asesmen dan Bina Pegawai Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Agama, Asro’i menginformasikan bahwa regulasi terkait uji kompetensi saat ini terus mengalami perubahan dan Kementerian Agama sedang bersiap dan menunggu regulasi terbaru yang dicanangkan oleh Kemen PAN-RB.

“Kedepanya uji komptensi akan di bagi kepada 2 bagian, uji potensi dan uji kompetensi,” jelasnya di Banjarmasin, Kamis (18/11/2021).
Asro’i menambahkan, uji potensi dan kompetesi yang dulunya menjadi satu paket maka kedapannya uji potensi regulasinya hanya di arahkan pada CPNS, setelah menjadi PNS pertiga tahun hanya akan di uji kompetensi.

“Saya ucapkan selamat kepada para peserta uji kompetesi, saya berharap para perserta dapat bersikap kooperatif bersama para asesor sehingga pemetaan profil pegawai di lingkuangan UIN Antasar tergambar secara objektif,” tukas Asro’i.

Wakil Rektor Bidang AUPK, Sukarni menyampaikan ungkapan terima kasih kepada tim asesor, baik tim asseor internal dari Biro Kepegawaiaan Sekretarian Jenderal Kementerian Agama maupun tim assessor eksternal dari LPT Global Banjarmasin.

Sukarni mengakui bahwa sistem kerja pegawai di Indonesia masih ada budaya paternalistik, budaya kerja yang hanya untuk menyenangkan atasan, tidak untuk kemajuan lembaga atau institusi.
“Ini adalah budaya feodal, budaya belanda yang telah lama menjajah kita,” tutur Sukarni.
Sukarni berharap kegiatan uji potensi dan kompetensi akan melahirkan para pegawai yang berkerja sesuai dengan tujuan visi dan misi untuk kemajuan UIN Antasari, ”Kita bekerja untuk menjunjung tinggi bagaimana agar UIN ini unggul secara keilmuan berakhlak dalm kepribadian” tegasnya.

Kepala Biro AUPKK UIN Antasari, Amal Fathullah selaku ketua pelaksana melaporkan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mengimplementasikan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2020 tentang Uji Kompetensi Bagi PNS pada Kemeterian Agama.

Amal menjelaskan bahwa hasil uji kompetensi ini nantinya akan dijadikan sebagai rujukan dalam memberi gambaran tentang kompetensi pegawai yang perlu dikembangkan sesuai dengan persyaratan jabatan dan dapat memberikan gambaran tentang pelatihan yang diperlukan untuk pengembangan PNS yang ada di lingkungan UIN Antasari Banjarmasin.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari tanggal 18 – 19 November 2021. Beberapa hal yang dinilai dalam uji kompetensi ini di antaranya tes psikologi (psikotes), test pengoperasian komputer dan wawancara. (yad)


Pendis

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.