Uji Coba Sistem Seleksi Elektronik UM-PTKIN Tahun 2021 Berjalan Lancar

Rabu, 19 Mei 2021 13:43 WIB
Pendis

Uji Coba Sistem Seleksi Elektronik UM-PTKIN Tahun 2021 Berjalan Lancar

Bandung (UIN SGD) - Akibat pandemi covid-19 Panitia Nasional Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) melakukan Ujian Masuk PTKIN secara daring, diawali dengan uji coba Sistem Seleksi Elektronik (SSE) UM-PTKIN dari tanggal 17-19 Mei 2021.

Koordinator Pokja Kesekretariatan, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag., didampingi Koordinator Pokja Sistem Seleksi Elektronik, Undang Syaripudin, M.Kom, Kepala Sekretariat Dr. M. Erihadiana, M.Pd. menjelaskan calon mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang mendaftar melalui jalur UM-PTKIN 2021 harus mengikuti uji coba SSE dari rumah masing-masing sebelum melakukan ujian SSE yang sesungguhnya mulai tanggal 24-29 Mei 2021 karena masih dalam suasana covid-19.

“Upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 di lingkungan kampus, uji coba dan pelaksanaan SEE dilakukan secara online dari rumah masing-masing peserta UM-PTKIN 2021,” tegasnya di Sekretariat Nasional SPAN-UM PTKIN, Gedung Lecture Hall Lantai 1 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Senin (17/05/2021).

Prof. Rosihon menjelaskan untuk pelaksanaan uji coba SSE berjalan lancar. Dalam satu hari, pelaksanaannya dibagi menjadi 3 sesi, yaitu pukul 07:20-9:20 WIB (Sesi 1), 10:50-12:50 WIB (Sesi 2), dan 13:50-15:50 WIB (Sesi 3).

“Alhamdulillah lancar. Untuk hari pertama pada Sesi 1 yang ikut ujicoba : 8.306 orang (68%) dengan berhasil melakukan login dan simulasi : 10.030 orang (82%), totalnya berjumlah 12.279 orang. Untuk Sesi 2 yang ikut ujicoba : 8.822 orang (72%) dengan berhasil melakukan login dan simulasi : 10.242 orang (84%), totalnya berjumlah 12.173 orang. Sedangkan pada Sesi 3 yang ikut ujicoba : 7.953 orang (66%) dengan berhasil melakukan login dan simulasi : 10.212 orang (85%), totalnya berjumlah 12.084 orang,” jelasnya.

Prof. Rosihon menuturkan ketika peserta ini login, harus sesuai username dan password sesuai di kartu ujian. “Juga pada saat peserta ini login harus meng-capture wajah beserta kartu ujiannya. Dari hasil capture itu kita bisa mengecek, apakah identitas yang masuk itu sesuai data yang tertera pada berita acara,” tuturnya.

Materi uji coba SSE itu dikelompok ujian UM-PTKIN terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu : Tes Kemampuan Dasar – TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman dan Baca Tulis Al-Quran), Tes Kemampuan Bidang IPA, Tes Kemampuan Bidang IPS

Selama proses ujian berlangsung, panitia menyediakan website helpdesk sapa.um-ptkin.ac.id, bagi peserta dengan berbagai keluhan seperti gagal login, terjadi bencana alam di lingkungan peserta, dan berbagai kendala jaringan lainnya.

“Helpdesk akan menindaklanjuti laporan dan memberikan alternatif solusi bagi peserta,” paparnya.

Dengan merujuk pada prosedur operasional standar panitia pusat, ujian SSE UM-PTKIN 2021 dilaksanakan menggunakan mekanisme sistem ujian daring penuh (full online), seluruh peserta ujian melaksanakan ujian dari rumah masing masing selama 5 hari dari tanggal 24-29 Mei 2021.

Ujian ini merupakan model baru seleksi penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia sebagai antisipasi di tengah wabah pandemi Covid-19.

Seluruh peserta wajib menyediakan perangkat ujian mandiri berupa laptop maupun smartphone yang dilengkapi kamera serta jaringan internet yang stabil selama ujian berlangsung.

Peserta wajib mematuhi seluruh aturan SSE UM-PTKIN 2021 yaitu berpakaian sopan, selama ujian tetap memakai jilbab bagi peserta putri, tidak membuka catatan, dan tidak diperkenankan ada orang lain di sekitar peserta dalam radius 3 meter. “Peserta yang melanggar aturan, akan didiskualifikasi,” tandasnya.


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah