Matangkan Pedoman Akademik dan Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Pascasarjana UIN Lampung Gelar FGD

Pendis
Hayatul Islam Kontributor
Senin, 3 April 2023 13:52 WIB
Pendis

Rektor Prof Wan Jamaluddin Z MAg PhD saat berikan sambutan dalam kegiatan FGD.

Bandar Lampung  – Program Pascasarjana (Pps) UIN Raden Intan Lampung (RIL) gelar Forum Group Discussion (FGD) Pedoman Akademik dan Pedoman Penulisan Karya Ilmiah di Gedung Akademik Lt.2 Pascasarjana Labuhan Ratu, Senin (03/04/2023).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (3-4 April) ini dibuka secara resmi oleh Rektor Prof Wan Jamaluddin Z MAg. 

Dihadiri oleh Wakil Rektor I, Wakil Rektor III, Direktur Pps, Wakil Direktur Pps, para guru besar, dosen pascasarjana, ketua gugus mutu, tim perumus pedoman akademik dan pedoman karya ilmiah, ketua prodi, sekretaris prodi, stakeholders serta mahasiswa pascasarjana.

Dalam sambutannya Rektor berharap agar FGD ini dapat mematangkan pedoman akademik serta penulisan karya ilmiah pada program Pascasarjana agar bisa tampil seideal mungkin dalam konteks UIN Raden Intan Lampung pada saat sekarang ini.

Rektor meminta program pascasarjana harus mengambil posisi garda terdepan dalam tiga prioritas program utama kepemimpinan UIN Raden Intan Lampung, karena sesungguhnya dalam lingkup PTKIN, Pascasarjana harus tumbuh menjadi mercusuar yang dapat menerangi kegelapan di sekitarnya.

“Program Pascasarjana harus bisa tampil memberikan contoh dan terobosan-terobosan yang bisa menginspirasi fakultas dan prodi yang ada di UIN, bukan menjadi menara gading, tapi mercusuar, pelita yang menyinari dan memberikan arah, tujuan di sekelilingnya,” tegas Prof Wan.

Menurutnya, program internasionalisasi seharusnya dapat dilokomotif oleh program pascasarjana dari berbagai aspek, mulai dari SDM, mahasiswa, dan aktivitasnya lebih menginternasional.

“Agar terukur dan terarah maka tentu saja harus ada pedoman, kita matangkan bersama, meng-update kembali draft tentang pedoman akademik dan pedoman penulisan karya ilmiah,” katanya.

Rektor juga berharap program pascasarjana ambil bagian di dalam berbagai kegiatan internasional, seperti menggandeng universitas yang sudah terekognisi internasional serta berkontribusi dalam peningkatan jumlah mahasiswa asing di UIN Raden Intan Lampung.

Sementara itu, Wakil Rektor I, Prof H Dr Alamsyah MAg dalam pengarahannya, mengatakan untuk mendukung internasionalisasi, maka di dalam pedoman akademik diusahakan untuk bisa mengikuti dunia pendidikan di tingkat internasional. 

“Kemudian, untuk mahasiswa S3 harus mampu tampil presentasi di forum internasional, begitu pula untuk mahasiswa S2, di samping menulis tesis  juga harus menulis artikel yang dipublikasi ke dalam jurnal internasional bereputasi, serta harus bisa atau pernah mempresentasikan karya ilmiahnya minimal di tingkat nasional,” tutur Prof Alamsyah.

Dia menambahkan supaya alumni UIN Raden Intan Lampung harus memiliki keilmuan intelektual, cendekiawan, serta moderat dalam beragama dan memiliki wawasan keagamaan.

Direktur Pps, Prof Dr Ruslan Abdul Ghofur SAg MSi, juga menyampaikan bahwa dalam pedoman akademik harus berbicara tentang internasionalisasi dan mahasiswa internasional.

Dia juga menyebutkan terkait kelas internasional dan double degree yang diinisiasi oleh International Office, “Ini harus termaktub di pedoman akademik kita,” katanya.

“Begitu juga dengan penulisan karya ilmiah, mungkin dapat diarahkan pada jurnal internasional bereputasi,” ujar Prof Ruslan.


Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
PPG Daljab Kemenag

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kemenag RI

Pendis
SPAN PTKIN 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2025

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan