Persiapan Akreditasi Arjuna, Begini Cara UIN Bandung Tingkatkan Kualitas Jurnal

Selasa, 23 Januari 2024 17:47 WIB
Pendis

Suasana Workshop Pelatihan Akreditasi Arjuna

Bandung (Pendis) -- Upaya meningkatkan kualitas jurnal di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Rumah Jurnal menggelar Workshop Persiapan Akreditasi Arjuna dan Scopus yang berlangsung di Aula LP2M Gedung Lecture Hall Lt. 1, Senin (22/1/2024).

Arif Zainudin tampil menjadi narasumber  tentang Arjuna dipandu oleh Chyril Futuhana Ahmad; Busro membahas tentang Scopus dipandu oleh Rifqi Syamsul Fuadi.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan, Deni Miharja, menekankan pentingnya penelitian dan penerbitan jurnal dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan dan peran strategis UIN Sunan Gunung Djati Bandung. "Akreditasi memiliki peran vital dalam menunjukkan kualitas jurnal dan membuka peluang lebih luas untuk penyebaran pengetahuan. Oleh karena itu, kita akan bersama-sama menggali dan mendiskusikan langkah-langkah serta persiapan yang diperlukan agar jurnal kita siap menghadapi proses akreditasi tersebut. Saya atas nama pimpinan menyampaikan apresiasi kepada panitia atas terselenggaranya acara workshop," tegasnya.

Koodinator Rumah Jurnal, Hamdan Sugilar, memberikan gambaran singkat mengenai tujuan dan agenda Workshop Persiapan Akreditasi Arjuna dan Scopus. "Pentingnya persiapan akreditasi Arjuna sebagai langkah strategis untuk meningkatkan reputasi dan kualitas jurnal di UIN Sunan Gunung Djati Bandung," jelasnya.

Dalam pemaparannya, Arif Zainudin menegaskan, "Untuk mencapai akreditasi jurnal yang maksimal, sangat penting bagi kita untuk memahami secara mendalam apa yang diminta dalam pedoman akreditasi dan menunjukkan hal tersebut melalui bukti-bukti pengelolaan jurnal yang baik, yang dapat diakses di website Open Journal Systems (OJS) kita. Kepatuhan terhadap pedoman ini bukan hanya tentang memenuhi persyaratan secara formal, tapi juga tentang menjamin kualitas dan integritas akademik jurnal-jurnal kita di mata komunitas ilmiah global," paparnya.

Busro menuturkan Rumah Jurnal berinisiatif melaksanakan kegiatan persiapan akreditasi dan  indeksasi Scopus di awal tahun 2024. "Ini sebagai langkah strategis untuk memastikan semua pengelola jurnal di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dapat secara proaktif mempersiapkan diri dan memenuhi standar akreditasi nasional maupun standar reputasi jurnal internasional," pungkasnya.

Sebagai informasi, untuk di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung terdapat 58 Jurnal terakreditasi nasional, dengan rincian Sinta 1 (1 Jurnal), Sinta 2 (20 Jurnal), Sinta 3 (16 Jurnal), Sinta 4 (14 Jurnal), Sinta 5 (7 Jurnal). Sedangkan untuk yang terindeks Scopus baru 3 Jurnal.

 


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.