Rektor IAIN Parepare: Humas Sangat Strategis Dalam Pengembangan Kampus

Pendis
Suherman Kontributor
Senin, 13 Desember 2021 20:26 WIB
Pendis

para peserta pelatihan kehumasan IAIN Parepare

Parepare (Pendis)--- IAIN Parepare dan Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI menggelar Pelatihan Teknis Kehumasan selama 5 hari, yaitu 13 - 17 Desember 2021 di Meeting Room Cafe and Resto Lagota Parepare. Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Parepare

"Pelatihan kehumasan ini sangat penting bagi lembaga. Sebagai perguruan tinggi, IAIN Parepare membutuhkan kerja-kerja kehumasan. Peranan humas sangat strategis dalam pengembangan kampus. Untuk itu, tenaga SDM kita harus mengetahui dan memahami fungsi-fungsi kehumasan serta mampu melaksanakan peranan humas dengan baik," papar Rektor Ahmad Sultra Rustan, Senin (13/12/2021).  

Fungsi kehumasan lanjut Rustan, bukan hanya tanggung jawab bidang humas, tetapi semua unsur dalam kampus wajib melaksanakan fungsi kehumasan itu. Karena menurut Rektor, kehumasan itu berkaitan dengan relasionship (hubungan), komunikasi dan informasi. “Semua staf harus memiliki kompetensi itu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Rektor juga menyebutkan, tantangan humas pada masa datang semakin tinggi seiring dengan kemajuan teknologi informasi. “Pada era teknologi informasi ini, seorang humas harus mampu mengelola informasi dengan baik. Masyarakat kita membutuhkan informasi yang akurat dan cepat. Tetapi tidak membuat dan berbagi berita hoaks,” lanjutnya.

Pelatihan teknis kehumasan ini, diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari berbagai unsur dalam lingkup IAIN Parepare. Mereka terdiri atas kepala bagian (Kabag di fakultas dan Institut), Kasubbag, Dosen, tenaga kependidkan baik yang berstatus ASN mau pun tenaga kontrak (non ASN).

Turut hadir dalam acara pembukaan Kepala Biro AUAK IAIN Parepare, Hj. Musyarrafah Amin, Kepala Subbidang Program dan Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan Pusdiklat Tenaga Administrasi, Ahmad Sulistiono sekaligus Ketua Panitia, Kepala Subbag Kerjasama dan Humas IAIN Parepare, Suherman, beserta 2 pejabat Pusdiklat lainnya, Azis Kurnia wardani dan Maman Badru Tamam,

Pelatihan ini merupakan bentuk kerjasama antara IAIN Parepare dengan Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kemenag Pusat. "Jenis pelatihan kerjasama sengaja dikembangkan di Pusdiklat karena cukup efektif dan efesien," kata Ahmad Sulistiono saat menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan pelatihan.

"Jika satker diundang ke pusat, pesertanya paling banyak 2 orang utusan. Tetapi kalau kami yang mendatangi, pesertanya jauh lebih banyak jika diadakan di pusat," paparnya. Menurutnya pelatihan kehumasan ini diselenggarakan di Parepare berkat inisiasi dan dorongan dari pimpinan, khususnya Kepala Biro AUAK dan Rektor IAIN Parepare.   

Sementara itu, Rektor IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan menyambut baik dan menilai kegiatan pelatihan ini memenuhi prinsip "asitinajeng" (bahasa Bugis). Artinya kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada momentum yang tepat. Baik dari sisi waktu mau pun dari esensi pelatihannya. Menurutnya, pelatihan kehumasan sangat dibutuhkan lembaga.


Pendis

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
PPG Daljab Kemenag

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kemenag RI

Pendis
UM-PTKIN 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2025

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan