Tingkatkan Kompetensi Pengelola, Kemenag Sabang Gelar Bimtek Perpustakaan

Pendis
Arkin Kontributor
Selasa, 6 Februari 2024 12:27 WIB
Pendis

Tingkatkan Kompetensi Pengelola, Kemenag Sabang Gelar Bimtek Perpustakaan (Foto Zulfiqri)

Sabang (Pendis) --- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sabang melalui Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Perpustakaan bagi tenaga perpustakaan sekolah dan madrasah di Kota Sabang.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Kemenag Kota Sabang, Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Aceh, dan Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Bimtek yang dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 5 hingga 8 Februari 2024 ini berlangsung di Aula MAN Sabang dan diikuti oleh 29 peserta dari Sabang, Aceh Besar, Pidie, dan Bireuen.

Kepala Kemenag Kota Sabang, H. Samsul Bahri, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar Bimtek ini dapat meningkatkan kompetensi manajerial para pengelola perpustakaan. Hal ini penting untuk mendukung keberhasilan perpustakaan di era belajar merdeka yang menuntut adanya inovasi, seperti pengembangan perpustakaan digital.

“Penting bagi kita untuk peka terhadap perkembangan teknologi. Diharapkan adanya inovasi dalam bentuk perpustakaan digital di sekolah dan madrasah,” ungkap Samsul Bahri.

Samsul Bahri menekankan bahwa digitalisasi proses pembelajaran di lingkungan Kemenag gencar dilakukan. Penguasaan teknologi tidak hanya diperlukan di kelas, tetapi juga di perpustakaan.

“Dalam era revolusi industri, kita harus mampu mengubah perilaku kerja dan meningkatkan keterampilan serta soft skill untuk mendorong pengembangan perpustakaan di sekolah,” tegasnya.

Ketua PD IPI Aceh, Nazaruddin, menilai bahwa sistem pembelajaran di Indonesia yang tidak berbasis perpustakaan membuat peran perpustakaan kurang optimal.

“Saat ini, sistem pembelajaran kita bergantung pada guru dan dosen, sehingga peran perpustakaan tidak menjadi fokus utama. Hal ini menyebabkan perpustakaan tidak mendapat perhatian yang cukup sebagai bagian penting dari proses pembelajaran di sekolah,” ujar Nazar.

Nazar menambahkan bahwa transformasi perpustakaan ke format digital merupakan keharusan untuk menyelesaikan sejumlah permasalahan di dunia pendidikan dan perpustakaan.

Ketua Panitia, Hj. Nuranifah, yang juga Kasi PAI Kankemenag Kota Sabang, menjelaskan bahwa tujuan Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pengelola perpustakaan agar mampu memberikan layanan terbaik dan berkualitas kepada para pengguna.

“Peserta Bimtek ini tidak hanya berasal dari Sabang, tetapi juga dari Aceh Besar, Pidie, dan Bireuen,” kata Nuranifah.

Selama 4 hari, para peserta diberikan berbagai keterampilan teknis pengelolaan perpustakaan, termasuk pelatihan sistem otomasi perpustakaan berbasis aplikasi INLIS Lite oleh pengurus PD IPI Aceh dan alumni Prodi Ilmu Perpustakaan yang tergabung dalam Aceh Library Consultant (ALC).

Bimtek ini menghadirkan narasumber dan instruktur dari Prodi Ilmu Perpustakaan, Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia, dan Aceh Library Consultant (ALC), di antaranya Nazaruddin MLIS Ph.D, Dr. Zubaidah M.Ed, Nurhayati Ali Hasan MLIS, Saifuddin A. Rasyid MLIS, Dr. Rahmad Syah Putra, Arkin SIP, Wandi Syahputra SIP, Zulfiqri SIP, M Khatami M.Pd dan Farial Mirza SIP.[]


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.